Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Apa sih itu ikigai? Apakah sejenis nama makanan, atau nama buah-buahan? Eits, ternyata bukan keduanya. Ikigai berasal dari bahasa Jepang yang berarti nilai kehidupan. Konsep ikigai sendiri, telah menjadi konsep kehidupan yang mengakar kuat dalam budaya masyarakat Jepang, sehingga nggak heran kalau rata-rata orang Jepang punya karakter diri yang rajin, disiplin gigih, dan cekatan.

Bagi orang Jepang, konsep ikigai sering kali dipakai untuk mencari tujuan atau makna hidup. Bahkan konsep ini juga sering dipakai sebagai istilah untuk membuat orang bersemangat setiap kali bangun pagi, karena orang itu tahu tujuannya bangun di hari itu.

Nah, konsep ini pas banget deh buat kamu terapkan di kehidupan kamu sehari-hari. Apalagi kalau kamu sedang bingung mencari tujuan hidup dan merasa nggak punya passion yang harus dikembangkan. Tapi, sebelum kamu memakai konsep hidup ala orang Jepang ini, lebih baik lakukan beberapa cara berikut ini untuk menemukan ikigai-mu. Check it out!

Cari Tahu Hobimu (Passion)

Sumber: freepik.com

Mencari tahu hobi memang gampang-gampang susah. Kamu nggak cuma butuh modal hobi, tapi juga bakat. Percuma dong kalau kamu punya minat yang besar di bidang arsitektur tapi menggambar struktur rumah aja kamu nggak bisa. Makanya, kamu harus mempertimbangkan unsur bakat dan minat tadi untuk mengetahui passion kamu.

Baca Juga: Mengenal ‘Hara Hachi Bu’ Filosofi Hidup Sehat Ala Orang Jepang 

Cari Tahu Apa Kebutuhan Orang Lain (Mission)

Sumber: freepik.com

Setelah mengetahui passion kamu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu kebutuhan orang lain. Istilah sederhananya adalah mencari peluang. Misalnya, ada tetangga kamu yang ingin merenovasi rumah, tapi dia nggak tahu caranya merenovasi bagian-bagian rumah.

Nah, inilah peluangmu. Ambillah peluang yang sesuai dengan passion-mu. Kalau kamu nggak punya passion di bidang arsitektur, ya jangan ambil peluang merenovasi rumah ini. Carilah peluang lain yang sesuai dengan passion-mu saja.

Keahlianmu Dibayar (Vocation)

Sumber: shutterstock.com

Next, adalah keahlian. Gabungan antara passion dan peluang yang kamu ambil akan menghasilkan suatu keahlian. Bila kamu ahli dalam membuat sesuatu, maka kamu juga berhak untuk menerima upah atau bayaran. Nah, sampai di tahap ini artinya kamu sudah hampir berhasil menemukan ikigai kamu.

Jadikan Profesi

Sumber: freepik.com

Tahap terakhir dari menemukan ikigai adalah menjadikan seluruh aspek-aspek yang telah kamu lakukan sebelumnya menjadi sebuah profesi. Tanpa adanya passion, tentu kamu akan merasa hampa saat melakukan profesimu sebagai tujuan hidup.

Begitupun dengan peluang dan keahlian. Tanpa adanya unsur-unsur tersebut kamu nggak bakal bisa menjalani profesi kamu karena nggak ada orang lain yang membutuhkan keahlianmu. Oleh sebab itu, kamu harus menemukan keempat unsur ini supaya bisa disebut ikigai.

Kalau kamu sudah memenuhi keempatnya, artinya kamu berhasil mencapai ikigai-mu.Itulah penjelasan singkat mengenai ikigai dan cara menemukannya. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu jadi lebih paham ya dengan tujuan hidupmu. Semangat!


Tulisan ini dikirim oleh: Yohana Besalia 

Leave a Reply