Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Tidak bisa dipungkiri kalau sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Ada yang sekedar menggunakannya untuk hiburan semata atau ada juga yang menjadikan sosial media sebagai sumber mata pencahrian.

Tentunya dalam bersosial media pun ada yang namanya etika agar semua hal sesuai dengan porsinya.

Apalagi untuk kalian yang baru pertama kali menggunakan sosial media perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam penggunaannya.

Yuk simak tips berikut agar kamu dapat menggunakan sosial media secara bijaksana.

Posting sesuai porsi

Tidak semua hal bisa kamu posting di sosial media. Hal-hal yang menyangkut privasi dan masalah pribadi sebaiknya disimpan dibandingkan disebar untuk jadi konsumsi publik.

Jika memang masalah yang kamu hadapi perlu untuk dibicarakan, komunikasikan dengan orang yang benar-benar terpercaya atau tenaga ahli seperti psikolog maupun psikiater.

Hindari ujaran kebencian

Jangan memberikan ujaran kebencian pada hal yang tidak kita sukai di sosial media. Jika kamu ingin memberi kritikan ataupun saran sampaikan dengan bahasa yang sopan dan baik.

Agar orang yang menerima kritikan tersebut tidak tersinggung dengan kritik dan saran yang kalian berikan.

Awasi anak-anak

Bagi para orang tua sangat perlu untuk mengawasi penggunaan internet pada anak. Hal ini, karena anak-anak cenderung mempunyai sifat meniru apa yang mereka lihat.

Perlu pendampingan khusus, apalagi jika anak sudah mulai mengenal sosial media. Pastikan mereka memiliki umur yang cukup untuk diberi kepercayaan dalam memegang akun sosial media.

Untuk memantau penggunaan internet pada anak, orang tua dapat menggunakan aplikasi seperti google family

Baca juga: Pantau Penggunaan Internet Pada Anak Dengan Google Family

Jangan mudah percaya

Di era serba digital seperti sekarang, perputaran informasi sangat cepat di sosial media. Itu sebabnya, kalian tidak bisa menerima informasi tersebut secara mentah-mentah tanpa meninjau kebenarannya.

Hal yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari berita hoax adalah sebagai berikut:

  • Memastikan berita tersebut berasal dari sumber terpercaya
  • Jangan langsung menyebarkan berita yang belum tentu benar
  • Filter akun sosial media yang kalian ikuti

Jangan menyebarkan informasi pribadi

Informasi pribadi seperti alamat, nama lengkap ataupun detail lainnya sebaiknya tidak kamu serbarkan di akun sosial media. Karena, kita tidak tau bagaimana para pelaku cyber crime dapat menggunakan data dan informasi yang kita miliki untuk melakukan kejahatan.

Jaga dan lindungi data privasimu dengan baik ya sobat, agar tidak disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab.

Beberapa hal tadi, bisa kamu lakukan agar bijaksana dalam bersosial media. Dengan begitu, pengalaman bersosial media jadi lebih menyenangkan dan juga aman.

Selamat mencoba tips tadi sobat Klik!

Leave a Reply