Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Sobat klik pasti semua sudah tahu kan bahwa negara kita ini masuk dalam ring of fire, yaitu negara yang memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif dan siap meletus. Gunung berapi tersebut ada yang letaknya di permukaan dan juga dibawah laut, dan tentu saja gunung gunung tersebut dapat meletus kapanpun. 

Bahkan di tahun 2018 saja, berdasarkan data dari Pusat Gempa Nasional BMKG, selama tahun 2018 di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa sebanyak 11.577 kali dalam berbagai magnitudo dan kedalaman. Gunung yang meletus ini dapat menyebabkan berbagai bencana lain sebut saja seperti tsunami, tanah longsor, ataupun kabut panas.

Nah karna alasan tersebut kita harus  cepat dan tanggap dalam situasi bencana, perbedaan beberapa menit saja dalam mengatasi bencana menjadi penentu keselamatan kita lo sobat.

Bahkan BNPB yaitu badan penanggulangan bencana mengatakan kecepatan informasi bencana sampai ke masyarakat lebih penting daripada akurasinya itu dimaksutkan agar kita dapat siaga dan waspada secepatnya dan bertujuan menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin.

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri saat terjadi bencana adalah dengan menyiapkan tas siaga bencana. Jadi sobat tas siaga bencana itu adalah adalah sebuah tas yang disiapkan sebelum terjadinya bencana. Jadi, saat sewaktu-waktu terjadi bencana kita harus menyiapkan sebuah tas yang diisi dengan barang penting dan keperluan pribadi kita.

Tas tersebut nanti diletakkan pada tempat yang mudah diambil. Ketika gempa besar atau bencana lainnya terjadi terjadi, maka kita tinggal mengambil Tas Siaga Bencana dan langsung melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi apabila kita tinggal di sekitar pesisir laut atau ke tempat yang lebih aman.

Apa saja sih yang harus diisi dalam Tas Siaga Bencana? cek daftar berikut

Surat surat penting

sumber: nirat.pix/freepik

Seperti surat tanah, kendaraan, kartu pengenal dan dokumen lainnya. Ini penting untuk sobat siapkan karena ini bisa menjadi bukti valid untuk klaim harta berharga sobat nantinya.

Air minum

sumber: sipetek

Ini dipersiapkan untuk minum dan sanitasi kita selama bencana terjadi, air minum yang dipersiapkan kira kira untuk jangka waktu tiga hari ya sobat, selain air mineral setidaknya kita juga menyiapkan minuman penambah energi agar sobat tidak mudah kelelahan.

Makanan kaleng

sumber: Klik Indomaret

Makanan tahan lama seperti makanan kaleng ataupun makanan yang mudah dalam pembuatannya seperti mie instan karena saat bencana terjadi dapat dipastikan pusat perbelanjaan akan lumpuh. Sehingga pasokan makanan sobat tetap aman.

Senter

sumber: yliv/freepik

Untuk penerangan selama bencana dan jangan lupa menyiapkan baterai yang memadai ya sobat agar tidak kekurangan daya. karna senter pumya fungsi yang penting saat bencana apalagi jika listrik dipadamkan saat bencana.

Kotak P3K

sumber: freepik

Berisi obat obatan pribadi yang disesuaikan dengan kebutuhan sobat nanti, seperti betadine, alkohol pembersih luka, dan lain-lain. Bagi kamu penderita asma, bisa mempersiapkan alat bantu pernapasan yang mudah untuk dibawa kemana-mana.

Masker

sumber: doctorfp/freepik

Karena jika terjadi bencana gempa dan gunung meletus disaat yang bersamaan akan diiringi keluarnya awan panas serta partikel debu di udara. Masker ini berguna untuk melindungi pernapasan sobat.

Nah itu tadi sobat tips dan trik siaga di saat bencana dari Klim min semoga membantu kalian semua dan jangan lupa  pastikan sobat klik aman terlebih dahulu sebelum membantu orang lain.

Leave a Reply