Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Memiliki sistem imun yang kuat, tentu merupakan hal yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Tapi walau begitu bukan berarti penyakit, bakteri, ataupun virus tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Kita tetap bisa terserang penyakit walaupun sudah menerapkan pola hidup sehat, makan-makanan bergizi, dan juga rutin berolahraga. 

Beberapa penyakit ringan hingga berat memang seringkali dapat menular dengan berbagai media perantara misalnya udara, benda, bahkan melalui makhluk hidup seperti hewan.

Sehingga kita perlu tau dan waspada terkait beberapa bagian tubuh kita yang bisa jadi perantara penyebaran penyakit dan virus yang berbahaya bagi tubuh.

Tangan

Sumber foto: Freepik

Merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak digunakan untuk beraktivitas, membuat tangan kita selalu bersentuhan dengan berbagai hal yang belum terjamin kebersihannya.

Penyebaran penyakit, virus, dan bakteri pun tidak luput dari bagian tubuh yang satu ini. Misalnya saat berjabat tangan dengan orang lain atau setelah bersin dan kita bersentuhan dengan orang lain maka akan menyebarkan penyakit.

Untuk itu diperlukan adanya kesadaran untuk mencuci tangan setelah atau sebelum melakukan berbagai aktivitas. Misalnya sebelum dan sesudah makan, saat hendak memegang bayi, setelah bersin atau batuk kemudian saat akan berinteraksi dengan orang lain. 

Handphone

Sumber foto: Freepik

Salah satu benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari adalah handphone. Pastinya handphone tidak luput dari serangan kuman dan bakteri di sekitar kita.

Apalagi mayoritas orang kurang peduli terhadap kebersihan handphone yang mereka gunakan.  Bahkan menurut penelitian handphone kita memiliki jumlah bakteri 10 kali lebih banyak daripada di toilet.

Itu sebabnya kita perlu menjaga kebersihan smartphone dengan cara membersihkan menggunakan sedikit cairan pembersih pada bagian layar dan di lap hingga kering dan bersih.

Fasilitas umum

Sumber foto: Freepik

Menggunakan fasilitas umum di mall, taman, ataupun ruang publik lainnya tentu memiliki resiko tersendiri terhadap penyebaran kuman penyebab penyakit.

Karena kita tidak bisa memastikan apakah orang yang memakai fasilitas tersebut sebelumnya menggunakan dengan bijak dan bersih atau justru sebaliknya.

Untuk antisipasi, saat menggunakan fasilitas umum usahakan untuk membawa antiseptic, tissue basah, atau hand sanitizer sendiri demi menjaga kebersihan kita setelah memakai fasilitas umum tersebut. Oh iya, fasilitas umum yang dimaksud berupa toilet, tempat duduk, alat olahraga, dan banyak lainnya.

Meja Kerja

Sumber foto: Freepik

Jangan salah sangka, meski terlihat bersih meja kerja bisa jadi salah satu tempat yang lebih kotor daripada telepon genggam. Coba ingat kembali kapan terakhir kali kamu membersihkan meja kerjamu sendiri? Sisa-sisa remahan makanan, debu, noda tinta, bekas tisu dan banyak hal yang bisa membuat meja kerja menjadi sarang bakteri.

Jadi bersihkan meja kerja kamu minimal satu kali dalam seminggu dengan menggunakan disinfektan agar higienis. Selain itu jangan suka menumpuk sampah walaupun dalam jumlah kecil.

Jangan lupa ketika sedang sakit perhatikan etika saat bersin atau batuk. Gunakan siku bagian dalam untuk menghalangi cairan bersin atau batuk yang bisa menular ke orang lain, serta gunakan masker dengan anjuran pakai yang disarankan oleh dokter atau fasilitas kesehatan.

Leave a Reply