Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Kendaraan merupakan moda transportasi yang sangat penting di kehidupan kita Sobat. Tanpa kendaraan tentunya akan sulit untuk berpergian jarak jauh maupun jarak dekat, pastinya nya sobat gak mau kan kendaraan yang biasa kalian gunakan cepat rusak dan tidak awet. Karena pemakaian yang sering namun tidak diimbangi perawatan yang rutin.

Terdapat beberapa faktor umum yang menjadi penyebab terbanyak kendaraan sobat menjadi rusak apa saja itu. Nih klikmin kasih tau tips untuk menjaga dan membersihkan kendaraan supaya tidak rusak dan lebih awet.

Memanaskan mesin kendaraan

Photo by Hosea Georgeson on Unsplash

Panaskan mesin motor/mobil sobat setiap hari pada saat akan digunakan. Walaupun sedang tidak digunakan sobat dapat memanaskannya sebentar, kegunaan dari memanaskan mesin kendaraan dapat menghemat bahan bakar kemudian juga dapat membantu mesin sehingga bekerja secara optimal.

Ingat ya sobat, panaskan mesin kendaraan kalian secukupnya saja jangan berlebihan karena bila berlebihan justru akan membuat mesin kendaraan kalian terlalu panas. Dan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Mencuci kendaraan secara rutin

Photo by Hossein Soltanloo on Unsplash

Manfaat dari mencuci kendaraan beragam lo sobat. Dimulai dari dapat mencegah karat, debu serta jamur pada mobil. Kemudian agar cat pada mobil tetap awet dan tidak mengelupas selain itu pasir-pasir yang menempel pada body mobil akan menyebabkan ac mobil terganggu dan akan lebih sering di service.

Bersihkan kendaraan minimal 1 bulan sekali atau bisa juga bila kendaraan sudah terlihat kotor lebih baik segera dicuci agar noda-noda yang menempel tidak susah hilang. Selain itu jangan lupa beli  pembersih kendaraan di klikindomaret ya sobat.

Rutin mengganti oli

ilustrasi:Liputan6

Selain menjaga kebersihan mobil kalian juga harus ingat untuk rutin mengganti oli kendaraan kalian sobat. Agar mesin kendaraan dapat memberikan performa terbaik dan tidak mudah untuk rusak ataupun menjadi lambat, selain itu cek juga kekencangan rantai kendaraan jangan terlalu ketat maupun terlalu longgar. Harus pas ya sobat

Pada umumnya untuk penggantian oli dilakukan ketika jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 2.500-3.000 km bisa diperkirakan 2 bulan 1x. Sesuaikan jenis kendaraan kalian dengan oli yang sesuai.

Tidak mencampur bahan bakar yang digunakan

Photo by Bruchin Noeka on Unsplash

Dikarenakan setiap jenis bahan bakar mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Sangat tidak dianjurkan untuk kalian mencampur bahan bakar pada kendaraan. Setiap bahan bakar juga memiliki kadar oktan (angka yang menunjukan besarnya tekanan sebelum bensin terbakar secara spontan) yang berbeda-beda.

Bila digabungkan bisa saja menimbulkan efek yang tidak bagus pada kendaraan ataupun tidak terjadi efek apapun. Jadi lebih baik satu jenis bahan bakar saja ya sobat.

Nah itu dia tadi beberapa tips menjaga kendaraan kesayangan kalian agar lebih awet penggunaannya. Dan pastikan cari kebutuhan atau aksesoris kendaraan kalian di Klik Indomaret

Perawatan Mobil Dimulai Dari sini!

sumber foto utama: City garage Auckland

Leave a Reply