Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Masa kanak-kanak selalu menjadi masa keemasan untuk tumbuh kembang buah hati. Mulai dari psikologis, fisik, sampai dengan kecerdasannya jadi fokus utama orang tua selama masa tumbuh kembang ini. Nah menjaga kesehatan tulang dan gigi anak juga sangat penting, untuk mencegah kerusakan yang bisa saja terjadi.

Apalagi anak-anak sangat suka mengkonsumsi makanan manis seperti permen, coklat, susu dan makanan manis lainnya. Ini dia beberapa hal yang bisa ibu lakukan, untuk menjaga kesehatan gigi si kecil.

Mulai kebiasaan menyikat gigi sedari dini

Segala sesuatu yang dimulai sejak kecil, pasti akan menjadi kebiasaan secara terus menerus. Termasuk dalam menyikat gigi, perawatan gigi yang baik seharusnya dilakukan sejak bayi. 

Bahkan sebelum bayi mulai tumbuh gigi, usapkan waslap bersih dan lembab pada gusi untuk membersihkan bakteri berbahaya. Karena pada dasarnya anak memiliki sifat peniru yang baik, jadi sebagai orang tua kita juga perlu mencontohkan kebiasaan sikat gigi setiap hari kepada mereka. Daripada hanya berbicara lewat perintah saja.

Sumber: kidshealth.org

Gunakan pasta gigi berfluoride

Memilih pasta gigi yang cocok untuk anak-anak agak lebih riskan daripada pasta gigi orang dewasa. Pasta gigi dengan kandungan fluoride, karena Pasta gigi dengan fluoride memperkuat enamel melalui proses yang disebut remineralisasi.

Batasi konsumsi makanan manis dan perbanyak kalsium

Membatasi konsumsi gula berlebih pada anak, Gula memberi makan bakteri pada gigi anak, menyebabkan plak dan akhirnya gigi berlubang, itulah sebabnya sebagai orang tua, kita harus membatasi jumlah makanan dan minuman manis yang dikonsumsi si kecil.

Sebelum membeli camilan, ada baiknya kita memperhatikan kandungan kadar gula di dalamnya. Serta hindari minuman bersoda dan minuman dengan pemanis buatan.

Rutin konsultasi ke dokter gigi

Enam bulan sejak si kecil memiliki gigi pertama, kita sudah bisa membawa mereka untuk pergi ke dokter gigi. Biasanya pada tahap ini, dokter gigi hanya akan memeriksa kesehatan mulut dan rahang anak, serta memberikan edukasi pada orang tua, tentang cara merawat kesehatan gigi dan mulut anak.

Sumber: Halodoc.com

Menjaga kesehatan gigi anak sedari dini memang penting, untuk kesehatan gigi mereka di kemudian hari. Jangan lupa ya bu, pilih produk perawatan yang aman untuk digunakan si kecil.

Sumber foto utama: Steven Libralon on Unsplash

Leave a Reply