Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Sering berpergian jauh dengan transportasi udara? Tentu kalian akan akrab dengan istilah yang satu ini, Jet lag atau kelelahan pascaterbang biasa dialami oleh banyak orang yang naik pesawat dengan rute jarak jauh. Gejala yang biasa dialami berupa gangguan tidur sementara yang terjadi karena perbedaan zona waktu di tempat yang akan dikunjungi. 

Pada dasarnya tubuh memiliki jam internal sendiri ketika kita berpindah tempat maka zona waktu akan berbeda. Hal tersebut yang menimbulkan ketidaksinkronan antara zona waktu yang baru dan jam internal pada tubuh sehingga tubuh menjadi kelelahan, tidak enak badan, masalah pencernaan, dan juga sulit untuk berkonsentrasi.

Tapi untungnya beberapa cara ini bisa kalian gunakan untuk mencegah terjadinya jet lag atau kelelahan berlebih selepas perjalanan udara yang jauh. 

Beristirahat sebelum berangkat

Sumber foto: Freepik/Drawlab19

Usahakan untuk beristirahat sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat. Hal itu agar sebelum lepas landas kalian tidak merasa terlalu lelah setelah sampai di tujuan. Selain itu, kurang tidur justru akan membuat jet lag bertambah buruk.

Jaga agar tubuh terhidrasi

Sumber foto: Freepik/Drawlab19

Kekurangan cairan di dalam tubuh justru akan semakin memperparah gejala jet lag pada tubuh. Sehingga, saat berada di dalam pesawat kalian perlu rutin minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Air mineral adalah salah satu cairan yang paling disarankan untuk dikonsumsi, jangan konsumsi alkohol ataupun kafein karena kedua minuman tersebut dapat mempengaruhi tidur anda. 

Membuat suasana nyaman

Sumber foto: Freepik/Drawlab19

Saat berada di posisi yang nyaman tentu tubuh akan lebih mudah untuk beristirahat walaupun dalam kondisi penerbangan jarak jauh. Buat diri kalian merasa nyaman dengan membawa selimut, bantal, atau pun benda kesayangan yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. 

Baca Juga: Penyebab Bayi Rewel Di Pesawat

Setting jam sesuai dengan waktu tempat tujuan

Sumber foto: Freepik/Drawlab19

Hal ini dilakukan agar tubuh dan otak lebih terbiasa dengan perubahan zona waktu yang berbeda. Kemudian, mengatur waktu sesuai dengan zona waktu di tempat tujuan akan membuat kalian lebih mudah beradaptasi dan tidak kaget karena perbedaan waktu yang sangat berbeda jauh.

Mempersiapkan kondisi fisik yang fit sebelum berpergian juga penting, konsumsi multivitamin yang bisa membantu memelihara kesehatan tubuh. Karena kita tidak tau penyakit apa yang bisa menyerang kita disaat liburan.

Leave a Reply