Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan setiap hari seperti sekolah, bekerja, atau pun kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran lainnya. Tentu terkadang, membuat jam tidur kita menjadi kacau dan tidak beraturan. Entah itu karena stress yang menyebabkan insomnia atau pun gangguan tidur lainnya, sehingga kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi obat tidur agar dapat tidur nyenyak di malam hari.

Mengkonsumsi obat tidur ternyata memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Efek samping yang ditimbulkan seperti sakit kepala, nyeri otot, lelah keesokan harinya, dan juga sembelit. Bukan hanya efek samping secara langsung, obat tidur juga bisa menimbulkan efek samping berkepanjangan seperti kecanduan.

Nah daripada mengkonsumsi obat tidur yang memiliki efek samping, beberapa cara praktis ini bisa kalian aplikasikan untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas.

Mandi sebelum tidur

Sumber foto: Freepik

Relaksasi tubuh kalian dengan mandi air hangat sebelum tidur, agar lebih relaks tambahkan beberapa tetes minyak aroma terapi. Mandi air hangat sebelum tidur akan merelaksasi otot yang lelah setelah beraktivitas, sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak.

Alternatif selain mandi air hangat adalah menggunakan lilin aroma terapi untuk menenangkan pikiran. Tapi ingat, matikan lilin tersebut sebelum kalian terlelap jadi yang tersisa hanya aromanya.

Tidak makan berat

Sumber foto: Freepik

Tidak disarankan untuk tidur dalam keadaan lapar atau perut terisi penuh karena hal tersebut akan menyebabkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan sehingga membuat kalian terjaga di malam hari. Selain itu hindari makanan dan minuman seperti kafein, junkfood, nikotin, serta minuman bersoda. 

Baca Juga: Empat Penyebab Insomnia Yang Sering Diabaikan Dan Cara Mengatasinya

Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Sumber foto: Freepik

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik pastinya kalian harus menciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang. Caranya dengan rutin membersihkan kasur dan setiap sudut ruangan kamar agar terhindar dari tungau dan bau yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh dan organ pernapasan.

Konsumsi minuman hangat

Sumber foto: Freepik

Minuman hangat seperti susu atau teh camomile akan membantu tidur menjadi lebih tenang dan relaks. Kandungan triptofan dalam susu hangat memproduksi zat serotonin yang membuat kita tertidur lebih lelap. Bukan hanya itu, teh camomile juga memiliki khasiat yang beragam seperti mengatasi insomnia, mengatasi gangguan pencernaan, mencegah diabetes dan masih banyak lainnnya.

Mendapatkan jam tidur yang berkualitas tentu akan membuat kita lebih fit untuk menjalani aktivitas keesokan harinya. Bukan hanya itu, tidur yang cukup akan membantu memelihara daya tahan tubuh dari penyakit di musim hujan seperti sekarang.

Leave a Reply