Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Saat berpuasa kita perlu untuk menahan rasa lapar dan haus. Bukan cuma kedua hal itu kita juga diminta untuk menjaga diri dari perbuatan tidak baik di bulan yang penuh berkah ini. 

Saat menahan lapar dan haus, beberapa masalah kesehatan seringkali terjadi. Salah satunya adalah masalah kesehatan mulut.

Penyebabnya? Banyak, salah satunya adalah sisa makanan yang menempel di mulut dan menyebabkan bau tidak sedap. Untuk menghindari masalah bau mulut saat berpuasa, tips praktis ini bisa kamu lakukan agar tetap mulut tetap segar

Menyikat gigi

Smiling young man holding tooth brush with paste Free Photo

Sumber foto: Freepik

Cara paling ampuh untuk mengatasi bau mulut dan plak yang menempel pada gigi adalah menyikat gigi setelah sahur. Apalagi saat kita sahur dengan berbagai macam makanan, mulai dari yang berlemak hingga makanan manis. Hal itu menyebabkan menumpuknya plak gigi dan bakteri penyebab bau mulut.

Sikat gigi setelah sahur dan berbuka akan membuat rongga mulut bersih dari sisa makanan penyebab plak gigi. Jangan lupa gunakan pasta gigi yang mengandung anti bakteri seperti siwak ataupun sirih,

Perhatikan asupan makanan

Muslim family having dinner on the floor Premium Photo

Sumber foto; Freepik

Asupan makanan yang kamu konsumsi juga akan berpengaruh pada kesehatan mulut pada saat berpuasa. Konsumsi buah dan sayur yang dapat memproduksi air liur dalam jumlah yang banyak sehingga menghindari bau mulut.

Selain itu, kurangi asupan makanan yang mengandung banyak gula, karena akan mempercepat pertumbuhan bakteri di dalam mulut

Berkumur dengan mouthwash 

Woman pouring mouthwash gel for rinsing mouth, fresh breath, healthy teeth and gums. oral hygiene and teeth care. Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Setelah sahur ataupun berbuka ada baiknya setelah menyikat gigi, berkumur dengan mouthwash untuk menjaga nafas tetap segar. Mouthwash juga akan memaksimalkan kebersihan mulut dari menumpuknya plak dan sisa makanan yang menjadi penyebab bau mulut. 

Membersihkan lidah

Close-up of girl opening her mouth Free Photo

Sumber foto: Freepik

Membersihkan tiap rongga mulut secara teliti di setiap bagiannya, yang paling penting adalah lidah. Karena lidah menjadi salah satu tempat berkumpulnya bakteri di dalam mulut. Cara membersihkannya cukup digosok dengan alat pembersih lidah dan air bersih.

Saat berpuasa diperlukan perawatan yang ekstra tekait kesehatan mulut dan gigi. Beberapa masalah seperti bau mulut, bibir pecah-pecah dan sariawan bisa jadi masalah yang cukup mengganggu kelancaran berpuasa.

Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka untuk menghindrasi tubuh dan rongga mulut, setelah berpuasa seharian.

Banner


Leave a Reply