Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Mempersiapkan tabungan untuk masa depan memang sudah menjadi keharusan bagi setiap orang.

Bukan hanya sebagai dana darurat, tabungan juga membuat kita merasa lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kalangan milenial memiliki tantangan tersendiri untuk menabung, selain karena tingginya gaya hidup dan keinginan yang kadang nggak sesuai dengan pendapatan. 

Sulit menabung bagi kalangan anak muda juga terjadi karena masih merasa belum memiliki tanggungan sehingga tidak terlalu perlu menyisihkan sebagian pendapatannya.

Tips berikut bisa menjadi acuan kamu para kaum muda untuk mulai menabung dari sekarang

Menetapkan goals menabung

Setiap kesuksesan pasti dimulai dari tujuan yang ingin dicapai, sama halnya dengan menabung. Tanamkan pada dirimu untuk bisa menggapai tujuan yang kamu mau dengan hasil uang yang dikumpulkan.

Misalnya kamu ingin punya kendaraan atau rumah dalam waktu dekat, maka menabung secara konsisten akan membuat keinginanmu bisa tercapai

Jangan lupa bedakan antara rekening yang biasa kamu pakai sehari-hari, dengan rekening khusus untuk tabunganmu ya.

Catat setiap pengeluaran dan pemasukan

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan per bulannya membuat kamu bisa untuk melakukan budgeting pada hal yang memang menjadi prioritas tiap bulannya. Seperti gaji yang di dapat dibagi dengan belanja kebutuhan, makan, jajan, dan lainnya.

Ini yang perlu kamu perhatikan secara detail agar tidak berlebih ataupun terlalu kurang. Jangan sampai karena terlalu fokus menabung, kebutuhan dasar yang kamu butuhkan jadi berkurang ya sobat

Mencari penghasilan tambahan

Menjalankan hobi yang menghasilkan uang, bisa menjadi salah satu penghasilan tambahan. Contohnya, kalau kamu hobi memasak coba saja untuk mulai berjualan makanan buatanmu.

Penghasilan tambahan akan membuat saat menabung menjadi lebih tidak terasa memberatkan.

Jangan remehkan uang receh

Sering ketemu uang receh di kantong tapi malah kamu abaikan? Well ternyata uang receh juga punya peran penting dalam proses menabung kamu.

Bayangkan kalau ada uang Rp1.000, Rp 500, atau Rp 5.000 yang kamu kumpulkan setiap hari selama setahun penuh.

Kita memang tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi di kemudian hari. Namun, ngga ada salahnya untuk menyiapkan dana darurat atau tabungan sebagai bekal di situasi yang buruk.

Belanja secara cermat dan hemat juga menjadi salah satu kunci menabung yang perlu kamu terapkan.


Leave a Reply