Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Penyebaran virus corona yang kian hari makin mengkhawatirkan, meresahkan bagi banyak orang. Berbagai upaya pencegahan pun dilakukan oleh pemerintah.

Termasuk memberlakukan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi para pelajar di tingkat sekolah dasar sampai bangku perkuliahan.

Kegiatan belajar di rumah ini, tentunya bisa saja menimbulkan beberapa kendala bagi para pelajar. Khususnya di tingkatan yang lebih kecil seperti sekolah dasar atau taman kanak-kanak.

Kendala yang bisa saja terjadi seperti, penurunan daya konsentrasi atau kesusahan dalam menangkap materi yang diajarkan oleh pengajar.

Pada tahap ini, peran orang tua sangat dibutuhkan, agar anak dapat efektif menerima pembelajaran yang diterima dari sekolah.

Memasuki tahun ajaran baru, para orang tua tentu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut agar anak dapat dengan efektif mengikuti pelajaran di sekolah.

Berperan sebagai guru bagi anak

Sumber gambar: Freepik

Saat belajar dari rumah, beberapa anak cenderung sulit untuk menyerap materi yang diajarkan oleh guru daripada secara langsung.

Itu sebabnya, sebisa mungkin sebagai orang tua. Kita perlu berperan menjadi guru yang baik bagi anak. Tidak perlu memahami semua mata pelajaran, cukup materi-materi dasar yang tidak anak ketahui.

Orang tua dapat juga, mengikutkan anak ke kursus online jika memang tidak punya waktu luang untuk mengajari mereka. Tapi, tetap lakukan pengawasan dan perhatian agar anak dapat mengikuti sekolah maupun kursus dengan terarah.

Memberikan akses belajar memadai

Sumber gambar: Freepik

Akses belajar daring yang memadai, diperlukan agar anak dapat mengikuti pelajaran dengan nyaman dan konsentrasi. Penggunaan smartphone, laptop ataupun komputer, penting untuk menunjang kebutuhan akan video dan materi pembelajaran yang diberikan oleh sekolah.

Selain itu, akses internet yang memadai juga diperlukan agar koneksi internet saat waktu belajar tidak terputus dan mengganggu konsentrasi anak.

Memastikan anak merasa nyaman

Sumber gambar: Freepik

Faktor lain yang membuat anak betah, saat belajar daring adalah memastikan mereka merasa nyaman. Misalnya kondisi ruangan belajar yang bersih dan jauh dari kebisingan, akan membuat anak menjadi lebih fokus untuk menyerap materi belajar yang diberikan.

Selain itu, berikan mereka waktu bersantai sejenak agar tidak terjadi kelelahan atau stress pada anak. Mengisi waktu luang, sambil berbincang adalah pilihan yang tepat untuk bersantai bersama anak.

Atur waktu antara belajar dan bermain

Sumber gambar: Freepik

Selepas belajar ada baiknya orang tua, meluangkan waktu untuk kegiatan bermain bersama anak agar mereka dapat bersantai dan bersenang-senang sejenak.

Kegiatannya bisa beragam seperti menggambar, mewarnai, melukis, bermain dengan mainan kesukaan mereka atau menonton film kesukaan.

Berikan asupan gizi yang mencukupi

Sumber gambar: Freepik

Pemenuhan gizi yang seimbang, dapat juga membantu anak untuk lebih aktif dan berkonsentrasi untuk menerima pelajaran yang ia terima selama belajar daring.

Apalagi sebelum memulai aktivitas, sarapan diperlukan sebagai kunci untuk tetap berkonsentrasi hingga pelajaran dapat diterima dengan baik.

Masa pandemi, tidak perlu khawatir untuk penuhi kebutuhan gizi di rumah. Cukup pakai Klik Indomaret, untuk belanja berbagai kebutuhanmu termasuk. Produk segar seperti buah, sayur, daging dan seafood,

Leave a Reply