Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Di masa pandemi seperti sekarang, kebersihan rumah memang menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari ancaman penyakit.

Tapi termyata aktivitas bersih-bersih yang berlebih dapat menimbulkan masalah yang cukup serius. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu tidak sakit setelah membersihkan rumah ya

Kurangi penggunaan Hidrogen Peroksida

Female hands wash the floor with a rag and spray. laminate floor cleaning with spray cleaner, cleaning concept. house cleaning Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Bahan kimia ini kerap ditemukan di pembersih permukaan yang biasanya digunakan untuk aktivitas menggosok, produk kebersihan seperti pembersih lantai, kloset dan lain-lain.

Hidrogen peroksida bersifat korosif sehingga dapat memisahkan kotoran dari permukaan. Namun bila digunakan tak sesuai kadar, Hidrogen Peroksida bisa memicu kesulitan bernapas serta rasa tidak nyaman pada kulit

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, gunakan sesuai kadar dan instruksi di kemasan.

Baca Juga: Khasiat Alami Empon-Empon yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Cermati Penggunaan Bahan Kimia Semprot

Wife housekeeping and cleaning concept, happy young woman wiping dust using a spray and a duster while cleaning in glass at home Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Semprotan seperti pewangi ruangan serta disinfektan sangat penting untuk menjaga kenyamanan ruangan serta diri kita. Maka dari itu, kita perlu menggunakan semprotan dengan baik agar bahan kimia yang terkandung tidak meracuni tubuh kita.

Misalnya dalam menggunakan pestisida, tinggalkan dahulu ruangan setelah penyemprotan agar bahan kima yang kita gunakan mulai berkurang dan dampak yang diinginkan (serangga mati) lebih ampuh.

Demikian juga penggunaan pengharum ruangan, hindari semprotan jatuh ke muka atau dihirup langsung. Dampak awalnya memang ringan seperti sesak napas, mual dan pusing. Namun untuk efek samping jangka panjang akan sangat berbahaya.

Mencuci bahan makanan

Crop man washing pepper Free Photo

Sumber foto: Freepik

Memang, untuk menjamin kebersihannya, makanan terutama bahan makanan segar perlu untuk dicuci kembali untuk menghilangkan mikroorganisme seperti bakteri yang menempel. Namun perlu diperhatikan bahwa makanan TIDAK boleh dicuci menggunakan sabun, apalagi sabun cuci piring.

Hal ini dikarenakan sabun cuci piring dapat menjadi kandungan berbahaya bila masuk ke pencernaan kita. Selain itu, jangan menyemprotkan disinfektan ke makanan. Cukup bilas makanan dengan air bersih saja.

Nah, kebersihan memang penting tapi jangan sampai paranoid juga ya! Ingat, sikap tenang dan adaptif akan membantu kita untuk terus menjaga kesehatan diri dan keluarga. Stay fit and healthy!

Leave a Reply