Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Istilah fresh graduate pasti sudah gak asing lagi ditelinga kalian, merujuk ke seseorang yang baru saja lulus studi perguruan tinggi. Nah biasanya, setelah lulus dari bangku perguruan tinggi kita berpikir untuk mencari pekerjaan bukan? 

Tapi, ada satu hal yang sering jadi pertimbangan perusahaan untuk merekrut para fresh graduate. Yaitu kurangnya pengalaman fresh graduate di dunia kerja, untuk jadi modal utama tentu kamu perlu skill tambahan agar bisa dilirik para HRD nih sobat.

Apa saja ya skill yang bisa kamu asah, sebelum masuk ke dunia kerja?

Public speaking

Sumber foto: NeONBRAND on Unsplash

Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking, jadi salah satu skill basic yang perlu kamu dalami sebelum masuk ke dunia kerja. Kenapa? Keterampilan berbicara di depan umum yang efektif dapat membantu kemajuan karir, karena menunjukkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kemampuan kepemimpinan, ketenangan serta profesionalisme

Administration

Sumber foto: Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Jangan berpikir kalau yang butuh mempelajari tentang administrasi itu hanya anak jurusan tertentu saja. Skill ini dinilai sebagai hal dasar yang perlu kamu miliki, agar mudah beradaptasi di dunia kerja nanti dan tidak terhambat akan pekerjaan yang membutuhkan sisi administrasi. Seperti membuat laporan dan lain sebagainya.

Digital technology

Sumber foto: Photo by Carlos Muza on Unsplash

Di era serba digital seperti sekarang, tentu kalian gak boleh ketinggalan untuk mempelajari teknologi yang ada. Semakin kalian up to date tentang perkembangan teknologi yang ada, maka semakin banyak ilmu yang bisa diambil dan diterapkan di dunia kerja nanti.

Time management

Sumber foto: Aron Visuals on Unsplash

Manajemen waktu juga menjadi salah satu, kemampuan dasar yang perlu kalian miliki. Karena akan sangat berdampak pada performa nanti pada saat bekerja. 

Mulai dari hal kecil seperti membuat jadwal kegiatan harian, di penghujung hari kalian bisa observasi seberapa lama kalian mengerjakan satu hal. Kalian juga perlu paham tentang skala prioritas, agar tidak ada pekerjaan yang terbengkalai atau menumpuk.

Problem solving

Sumber foto: Volodymyr Hryshchenko on Unsplash

Berpikir secara kritis saat menghadapi masalah, dengan kemampuan memecahkan masalah yang baik secara logis. Adalah skill basic yang perlu kamu tanamkan di dalam diri. Hal ini akan berguna, saat kalian menghadapi suatu masalah di tempat kerja nanti. Agar tidak mudah tertekan dan tidak berlarut-larut dalam masalah.

Nah itu dia beberapa skill basic yang perlu kamu kuasai sebelum masuk ke dunia kerja. Bukan cuman itu, kemampuan berbahasa, perilaku dan kerapian saat berpenampilan juga perlu dibiasakan sejak sekarang.

Sumber foto utama: Pang Yuhao on Unsplash

Leave a Reply