Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Setiap orang tua yang memiliki anak kecil atau balita pasti sering menghadapi masalah yang satu ini. Bukan hanya itu, bahkan beberapa anak menjadi pemilih terhadap makanan yang akan mereka konsumsi. Sehingga, para orang tua perlu extra sabar saat menghadapi anak yang sulit untuk makan.

Apalagi kita sebagai orang tua akan khawatir dengan pertumbuhan dan perkembangan anak bila tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memenuhi gizi mereka. Tapi, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

Untuk itu, ini dia beberapa tips yang bisa jadi alternatif cara untuk membuat si kecil jadi mudah makan.

Ajak si kecil ikut memasak

Sumbe foto: Freepik

Dengan mengajak si kecil untuk memasak makanan yang akan ia konsumsi, tentu akan membuat nafsu makan mereka meningkat. Dengan memasak juga dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan otak anak melalui sensitivitas rasa, konsentrasi, daya ingat, dan juga keharmonisan hubungan antara ibu dan anak.

Jangan lupa untuk mengawasi anak saat mereka ikut membantu memasak. Hindari penggunaan pisau yang tajam dan juga cipratan minyak panas yang bisa saja mengenai kulit.

Tawarkan makanan baru

Sumber foto: Freepik

Dibandingkan dengan orang dewasa anak-anak lebih mudah merasa bosan dengan menu makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Cara yang ampuh untuk menyiasatinya adalah dengan menawarkan makanan baru pada mereka dan membuat jadwal untuk menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang berbeda setiap harinya.

Pastikan tetap memasukan bahan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dan serat si kecil sehingga tercukupi dengan baik.

Baca Juga: Makanan Yang Membantu Perkembangan Otak Anak

Kreasikan bentuk makanan

Sumber foto: Freepik/sewcream

Semakin menarik bentuk dari makanan yang akan mereka konsumsi maka akan membuat si kecil menjadi lebih tertarik dan berselera makan. Bukan hanya itu, para ibu juga bisa menambahkan sayuran yang memiliki berbagai warna cerah untuk dicampurkan ke dalam makanan.

Bentuk makanan yang dapat dikreasikan misalnya nasi dan sayur yang dibentuk aneka binatang atau tokoh kartun kegemaran si kecil.

Snack yang sehat dan lezat

Sumber foto: angelina_zinovieva/Freepik

Setelah makan,  orang tua bisa membuat kreasi makanan ringan yang bergizi dan lezat. Contohnya seperti biskuit gandum dengan lelehan keju, kacang, potongan buah dengan selai kesukaan mereka dan masih banyak lainnya. Hal itu juga akan memenuhi berbagai kebutuhan gizi si kecil untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Tidak hanya mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, si kecil juga perlu rutin dibawa ke dokter untuk mengetahui setiap perkembangan dan pertumbuhan di tubuh mereka. Serta, berikan suplemen multivitamin yang terbuat dari bahan alami dan aman untuk anak.

Beragam Multivitamin Untuk Si Kecil Ada Disini 

Leave a Reply