Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Sajian kopi apalagi es kopi sudah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan oleh sebagian masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di kota besar. Apalagi saat muncul trend sajian es kopi susu rasanya semua orang telah menikmati kopi tiap harinya. 

Namun tahukah sobat sebenarnya tren es kopi sudah muncul sejak dulu. Tren tersebut sebenarnya muncul secara tidak sengaja. Tepatnya di tahun 1830an saat masa invasi pasukan Perancis ke Aljazair yang masih dikuasai kerajaan Ottoman. Saat itu rakyat Ottoman yang dipimpin oleh Emir Abd al-Qadir menyergap dan menahan pasukan Prancis di kota Mazagran.

Saat itu Perancis memiliki budaya minum kopi yang kuat, namun dikarenakan persediaan kopi yang terbatas di penjara. Para tahanan tersebut berinisiatif untuk mengganti air panas dengan air dingin agar kenikmatan kopi bisa bertahan lebih lama.

Namun setelah itu terjadi perjanjian gencatan senjata antara pihak Perancis dan Aljazair sehingga kemudian para tawanan dibebaskan. Saat kembali ke tempat asalnya para pasukan ini tetap membawa kebiasaan minum kopi dingin, akhirnya metode meminum kopi ini dinamakan es kopi Mazagran.

Terdapat beberapa versi dalam es kopi Mazargan, salah satu yang paling terkenal dengan cara menggunakan lemon segar

Bahan yang dibutuhkan:

  • Es Secukupnya
  • Kopi yang telah dihaluskan
  • Jus lemon segar, secukupnya
  • Pemanis yang disukai, seperti kayu manis, gula, atau vanila
  • 1 irisan lemon (opsional)

Langkah membuatnya:

Sumber: Adeline Hocine

Seduh kopi dengan metode seduh favorit kamu (lebih baik metode seduh yang mampu menampilkan kopi yang strong) Tuangkan sajian kopi ke atas es, kemudian tambahkan jus lemon dan pemanis secukupnya dan aduk merata. Opsional, masukkan potongan lemon untuk semakin berkesan. Es kopi Mazagran siap untuk dinikmati.

Yuk belanjaaa!

Leave a Reply