Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Bicara soal makanan memang gak ada habisnya ya sobat. Apalagi berbagai kuliner di Nusantara yang tidak terhitung jumlahnya.

Bukan hanya karena cita rasanya yang lezat, kuliner dari berbagai daerah di Indonesia punya nama yang beragam.

Camilan yang terkenal dan sering ada diantara jajanan pasar adalah lemper ayam. Apa sih itu lemper ayam? Camilan yang satu ini terbuat dari ketan yang di isi suwiran ayam pedas atau biasa.

Tentunya makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai camilan sore atau teman untuk menonton. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit.

Ikuti resep lemper ayam ini yuk!

Bahan:

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih beras ketan yang akan dimasak, kemudian rendam terlebih dahulu selama 1 jam. Tiriskan beras ketan yang sudah direndam, lalu kukus selama kurang lebih 15 menit.
  2. Setelah dikukus, angkat ketan dan sisihkan sebentar. Kemudian, masak santan masukan dua lembar daun salam dan sereh yang sudah digeprek sebelumnya.
  3. Beri sedikit garam dan penyedap (opsional) pada santan. Kemudian aduk hingga tercampur. Langkah selanjutnya, masukan beras ketan ke dalam rebusan santan dan aduk secara merata.
  4. Kalau sudah merata kukus beras ketan tadi hingga matang. Sambil menunggu nasi ketan, tumis bawang putih hingga harum. Lalu masukan santan, daun salam dan potongan daun jeruk.
  5. Aduk sebentar kemudian masukan suwiran dada ayam yang sudah direbus. Di bagian ini kalian bisa menambahkan irisan cabe untuk rasa yang pedas. Setelah isian ayam sudah jadi dan ketan sudah matang. Diamkan sejenak lalu mulailah membentuk lemper.
  6. Pipihkan segenggam nasi ketan di atas selembar daun pisang, lalu isi dengan suwiran ayam secukupnya. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kemudian gulung daun pisang dan lipat serta tusuk ujung daun pisang dengan tusukan agar tidak mudah lepas.

    Lemper suwir ayam pun siap untuk disantap. Selamat mencoba resepnya sobat

Belanja Kebutuhan Dapur Jadi Lebih Hemat di Klik Indomaret

Sumber gambar utama: Freepik
Inspirasi resep: Endeus.tv

Leave a Reply