Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

World kidney day atau hari ginjal sedunia yang jatuh tepat pada 12 Maret 2020 tentu memberikan kita banyak pelajaran terkait masalah kesehatan khususnya untuk organ ginjal.

Ginjal smerupakan salah satu dari antara organ terpenting di dalam tubuh manusia yang berperan aktif dalam menyaring darah guna pembuangan racun di dalam tubuh, garam berlebih, dan urea.

Oleh sebab itu organ yang satu ini sangat penting, jika tidak ada maka akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan kita. 

Dilansir dari laman liputan6.com menurut National Kidney Foundation dari sekian banyak orang yang memiliki masalah penyakit ginjal hanya 10% yang menyadarinya.

Sisanya bahkan baru menyadari ketika penyakit ginjal yang diderita sudah semakin parah atau bahkan kronis. Sehingga mereka harus melakukan cuci darah rutin dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk setiap pengobatan yang dilakukan.

Untuk memperingati hari ginjal sedunia, ada baiknya kita mengenali gejala awal penyakit ginjal kronis yang bisa membahayakan kesehatan kita dan orang terdekat. 

Lebih Mudah Lelah

Sumber foto: Freepik

Penurunan pada fungsi ginjal yang sudah parah akan sangat berpengaruh pada stamina kita sehari-hari. Karena adanya penumpukan racun dan kotoran di dalam darah, sehingga menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti anemia yang menimbulkan kelelahan dan rasa lemas pada tubuh.

Selain lebih mudah lelah, susah tidur akan menjadi salah satu gejala pada penderita penyakit ginjal, sehingga berdampak pada kenaikan atau penurunan berat badan akibat stress. 

Gangguan Pada Urine

Sumber foto: Freepik

Hal yang satu ini jelas akan sangat terlihat ketika terjadi hal yang tidak beres pada ginjal kita. Masalah yang sering terjadi seperti sulit menahan keinginan untuk buang air kecil, urine berbusa, urine yang bercampur dengan darah. Minum air putih yang cukup sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pembuangan urine.

Jika memiliki gejala seperti hal-hal diatas ada baiknya segera periksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan sebelum terlambat.

Baca Juga: Langkah Mudah Dapatkan Ginjal Yang Sehat 

Nyeri Pada Pinggang

Sumber foto: Freepik

Nyeri pada pinggang banyak dirasakan oleh orang yang mengalami masalah kesehatan pada ginjal. Hal itu dipengaruhi karena ginjal terletak berdekatan dengan pinggang kanan dan kiri, sehingga jika muncul gejala nyeri pinggang pada bagian pinggang kanan dan kiri. Segera lakukan medical check up untuk mengetahui apakah gejala tadi berkaitan dengan penyakit ginjal atau tidak.

Pembengkakan Pada Bagian Tubuh

Sumber foto: Freepik

Pembengkakan pada bagian tubuh juga menjadi salah satu tanda kalau organ ginjal kamu sedang bermasalah. Hal itu terjadi karena cairan yang berlebih di dalam tubuh, pembengkakan yang terjadi biasanya meliputi area sekitar mata, tangan, serta bagian kaki.

Sumber: Kidney.org

Dengan adanya himbauan tentang gejala diatas tadi, semakin meningkatkan rasa kepedulian kita akan kesehatan organ ginjal diri sendiri dan orang terkasih. Dalam pencegahannya yang terpenting adalah minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, tidak merokok, dan konsumsi buah dan sayur.

Hidup sehat dimulai dari sekarang demi ginjal yang sehat!

YOGHURT FAIR BELI 2 LEBIH HEMAT & EXTRA DISKON KUPON 10% KHUSUS I.SAKU

Leave a Reply