Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Sulit tidur merupakan masalah yang paling sering dialami oleh anak muda jaman sekarang. Bukan karena penyakit bawaan semata, insomnia justru muncul dari gaya hidup buruk yang sering dilakukan masyarakat sekarang.

Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang gejala awalnya ditandai dengan kesulitan tidur, sering terbangun di malam hari dan sulit untuk tidur kembali.

Orang yang mengalami insomnia akan merasakan lelah berlebih saat pagi hari dan juga rentan terhadap gangguan penyakit seperti sakit kepala, kesehatan mata, dan masalah kulit seperti jerawat.

Bukan hanya perlu mengetahui gejala awalnya, kita juga perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi gangguan tidur ini.

Stress

Sumber foto: Freepik

Stress dan depresi adalah penyebab utama yang seringkali terjadi pada para penderita insomnia. Efek yang ditimbulkan pada sulit tidur akibat stress bisa jadi sangat parah.

Seperti perubahan suasana hati secara drastis, mudah marah dan juga lelah di siang hari.

Menghindari stress bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan positif seperti berolahraga dan melakukan yoga untuk merelaksasi tubuh dan pikiran dari hal negatif penyebab stres.

Kecanduan Smartphone

Sumber foto: Freepik

Penggunaan smartphone secara berlebihan, bisa juga menjadi penyebab terjadinya gangguan tidur. Bukan hanya itu, kerusakan mata juga bisa terjadi karena terlalu lama menatap layar smartphone.

Mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan cara mengurangi dan mengatur jam penggunaan smartphone.

Alternatif lain yaitu, menggantinya dengan kegiatan lain seperti menulis jurnal atau membaca buku.

Pola makan tidak sehat

Sumber foto: Freepik

Mengkonsumsi makanan berat dan snack di malam hari, ternyata juga bisa berpengaruh terhadap pola tidur seseorang. Terlalu banyak makan di malam hari membuat perasaan tidak nyaman saat berbaring.

Alternatif minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah sulit tidur adalah teh herbal dan juga susu hangat yang membantu tidur menjadi lebih nyenyak. 

Itu dia beberapa penyebab pada sulit tidur dan cara mengatasinya. Insomnia tidak bisa disepelekan begitu saja karena bisa menyebabkan beberapa penyakit, sehingga perlu penanganan yang serius dari dokter atau pun psikiater.

Penggunaan alat tidur seperti bantal, guling, kasur dan selimut yang nyaman juga akan membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga kualitas tidur akan jadi lebih baik.

Leave a Reply