Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Sering mengkonsumsi makanan panas atau dingin kemudian gigi terasa ngilu? Nah bisa jadi kamu mengalami gejala gigi sensitif.

Seseorang yang mengalami gigi sensitif terjadi karena menipisnya lapisan email pada gigi, sehingga lapisan dentin terbuka dan menjadikan gigi lebih peka terhadap rangsangan suhu dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Penyebab gigi ngilu bukan hanya gigi sensitif loh, ada beberapa penyebab lain seperti setelah melakukan perawatan gigi, infeksi gigi, ngilu akibat gigi yang rusak atau berlubang. Nah tapi kali ini, kita akan membahas apa saja sih penyebab gigi sensitif.

Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok

Smiling young man holding tooth brush with paste Free Photo

Sumber foto: Freepik

Penggunaan pasta gigi juga harus kamu perhatikan untuk menghindari gigi sensitif. Karena pemilihan pasta gigi yang salah dapat meningkatkan resiko gigi sensitif. Terutama pada pasta gigi yang memiliki kandungan zat kimia yang tinggi asam.

Saat memilih pasta gigi, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan pasta gigi yang ada di dalamnya. Kandungan fluoride pada pasta gigi berfungsi untuk mengembalikan mineral pada gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak gigi. 

Merokok

Closeup of hand holding cigarr Free Photo

Sumber foto: Freepik

Selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru, ternyata merokok juga dapat memberikan dampak pada gigi sensitif. Plak yang menempel pada gigi akibat merokok dapat menyebabkan masalah gusi, Masalah gusi ini dapat membuat gigi rentan terhadap kerusakan, yang dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi meningkat.

Baca Juga: Cara Praktis Cegah Karang Gigi Untuk Dapatkan Senyum Menawan

Terkikisnya lapisan email pada gigi

3d tooth with magnifying glass. Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Email atau enamel adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi melindungi gigi dari kerusakan. Enamel pada gigi adalah jaringan paling kuat di tubuh manusia, namun bukan berarti enamel tidak bisa rusak. Email juga dapat menipis atau rusak, nah semakin tipis email maka risiko terjadinya gigi sensitif akan semakin tinggi.

Kondisi gigi yang buruk 

Pain in broken tooth illustration realistic 3d. Premium Vector

Sumber foto: Freepik

Gigi yang patah, berlubang atau membusuk dapat membuat dentin atau zat berada di bawah email gigi menjadi terbuka. Hal itu akan memicu terjadinya gigi sensitif, kondisi lain pada mulut yang dapat menyebabkan gigi sensitif adalah kerusakan pada gusi. Penyusutan gusi dapat membuat akar gigi terlihat dan tidak terlindungi.

Sumber: tanyapepsodent.com

Selain melakukan cara diatas, jangan lupa untuk rajin menggosok gigi di pagi dan malam hari. Hal itu dapat membersihkan sisa makanan dan kotoran yang menempel dan bisa berakibat timbulnya kerusakan pada gigi dan menyebabkan resiko gigi sensitif semakin tinggi.

REFRESH YOUR DAY DISKON HINGGA 39%


Leave a Reply