Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Pasti sebagian orang pernah mengalami hal yang satu ini, yaitu baterai smartphone yang mendadak panas atau overheating. Selain itu bahkan terkadang baterai smartphone menjadi lebih cepat habis daripada biasanya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu apalagi untuk orang-orang yang biasa bekerja by phone. 

Bukan tanpa alasan, ternyata baterai smartphone yang overheat memiliki beberapa penyebab yang sering kita lakukan saat menggunakan smartphone. Untuk itu, ini dia beberapa penyebab baterai panas dan cara mengatasinya untuk kalian.

1. Terlalu banyak digunakan bermain game

Sumber foto: Rawpixel/freepik

Penggunaan smartphone untuk bermain game tanpa ada jeda akan membuat baterai smartphone menjadi panas. Karena games yang dimainkan memaksa kinerja baterai hingga pada batasannya sehingga menghasilkan panas berlebih pada baterai. 

Berikan jeda beberapa jam saat bermain game di smartphone agar tidak terjadi overheat ataupun kerusakan pada baterai misalnya seperti baterai bocor.

2. Kontras cahaya berlebih

Image result for high brightness level

Sumber foto: Quora

Sering mengatur brightness smartphone dengan cahaya yang berlebih ternyata bisa menyebabkan overheating pada baterai. Kurangi kontras cahaya yang berlebih agar smartphone tidak cepat panas saat digunakan atau kalian bisa mengatur cahaya smartphone standar.

3. Background aplikasi terlalu banyak

Sumber foto: Freepik

Terlalu banyak menggunakan dan membuka aplikasi dalam satu waktu akan membuat smartphone menjadi lambat. Hal itu disebabkan begitu banyak aplikasi yang berjalan sehingga membuat baterai menguras daya secara berlebihan dan akhirnya menjadi sangat panas.

Cara mengatasinya adalah, menutup beberapa aplikasi yang tidak diperlukan dan membersihkan file tidak berguna dengan menggunakan cleaner di smartphone

4. Penggunaan casing 

Sumber foto: Freepik

Casing atau pelindung hp bisa saja menjadi salah satu alasan kenapa baterai smartphone kamu cepat panas, saat memproses aplikasi yang ada, handphone perlu untuk memancarkan panas, casing yang terbuat dari bahan terisolir tentu akan memerangkap panas sehingga baterai menjadi cepat rusak dan mudah panas.

Jika kalian sudah menghindari penyebab-penyebab diatas namun baterai smartphone kalian masih mudah panas, memang baterai smartphone kalian sudah harus diganti dengan yang baru. Baterai yang mudah panas tidak bisa dianggap sepele karena bisa saja berakibat fatal seperti smartphone yang meledak.

Leave a Reply