Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Pernah mendengar diet Okinawa? Atau yang biasa dikenal dengan sebutan Hara Hachi bu. Metode diet ini dipercaya mampu mendukung harapan hidup penduduk yang lebih lama. Tak ayal penduduk Okinawa asal Jepang memiliki tingkat harapan hidup hingga 100 tahun.

Hara Hachi bu sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang berarti “ makan kenyang hingga 80 persen” istilah ini menjadi pegangan dan filosofi yang diterapkan masyarakat Okinawa dalam kebiasaan makan mereka.

Kemampuan menerapkan filosofi hara hachi bu dipercaya menjadi salah satu alasan kuat warga Okinawa dapat hidup panjang serta terhindar dari berbagai macam penyakit jantung, kanker hingga stroke.

Mengenal Metode Hara Hachi Bu

Dilansir dari Tirto tradisi makan tak sampai kenyang berakar dari ajaran Konfusianisme yang telah eksis sejak 2.500. Praktik Hara Hachi Bu membuat asupan kalori harian rata-rata orang Okinawa hanya mencapai sekitar 1.900. Ini jauh lebih sedikit daripada rata-rata jumlah kalori yang dikonsumsi oleh orang Amerika Serikat yaitu antara 2.200 hingga 3.300 kalori.

Pola makan tradisional ala masyarakat Okinawa terdiri atas konsumsi rendah kalori dan lemak. Mereka juga menyertakan sayuran dan makanan berbasis kedelai. Diet Okinawa sebelumnya lebih mengutamakan menu makanan rendah kalori dan mengutamakan karbohidrat. Sementara versi kekiniannya lebih banyak mengandung protein dan lemak.

Cara Menerapkan Hara Hachi Bu

1) Mengatur Ulang Kebiasaan Makan

Sumber: freepik

Jika kamu terbiasa makan dengan porsi yang besar maka otomatis otot perut pun akan menyesuaikan kebiasaan tersebut. Karena itu perlu adanya penyesuaian yang dilakukan agar otot perut menyesuaikan kebiasaan baru ini. Setidaknya diperlukan 15 hingga 20 kali makan agar otot perut terbiasa dengan porsi yang lebih kecil.

2) Hindari Kelaparan 

Sumber: freepik

Hindari makan disaat kamu sedang kelaparan. Karena jika makan disaat kelaparan maka kamu akan makan melebihi dari dibutuhkan. Terkadang walaupun tubuh sudah mengatakan kenyang tapi pikiranmu tidak sehingga kamu terus mengkonsumsinya/

3) Makan Perlahan 

Sumber: freepik

Makan secara perlahan baik bagi pencernaan dan kesehatan tubuh. Saat makan dengan pelan otak dan tubuh memiliki kesempatan untuk memproses asupan yang dibutuhkan dengan sempurna. Hindari menelan makanan tanpa mengunyah karena akan mempengaruhi sistem pencernaan

4) Jangan lewatkan Sayuran dan Salad 

Sumber: freepik

Jangan lupa untuk mengkonsumsi karbohidrat dan protein dan seimbangkan dengan sayuran hijau dan salad. Antioksidan dari sayuran sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi badan

5) Menggunakan Piring Kecil

Sumber: freepik

Dengan menyajikan makanan pada piring dengan ukuran yang lebih kecil. Ini adalah trik sederhana yang dapat memanipulasi pikiranmu. Karena kamu seolah olah telah makan besar padahal jumlah yang kamu konsumsi lebih sedikit.

Mengulik Makanan Masyarakat Okinawa

Bagaimana kamu mulai tertarik dengan diet ala Hara Hachi Bu. ternyata diet ini tidak memiliki banyak aturan rumit dan susah lo. Intinya, metode diet ini mengutamakan makanan padat, bernutrisi tinggi, serta tinggi antioksidan

Masyarakat Okinawa hanya mengkonsumsi sedikit nasi. Mereka biasanya mendapatkan kalori dari ubi, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sayuran. Berikut ini contoh menu makanan diet Okinawa yang bisa Anda sontek.

  • Sayuran (58-60%): ubi ungu atau oranye, rumput laut, rebung, lobak daikon, melon pahit, kubis, wortel, okra Cina, labu, serta pepaya hijau.
  • Biji-bijian (33%): millet, gandum, beras, dan mi
  • Produk kedelai (5%): tahu, miso, natto, edamame
  • Daging dan makanan laut (1-2%): sebagian besar ikan putih dan makanan laut
  • Lainnya (1%): alkohol, teh, rempah-rempah, dan kaldu

Untuk tambahan antioksidan, kamu bisa minum teh bunga melati atau rempah-rempah lain, seperti kunyit. Bagaimana tertarik untuk hidup sehat? Ayo dimulai sekarang.

Leave a Reply