Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Teh memang dikenal sebagai salah satu minuman yang menyehatkan untuk diminum setiap hari. Kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh, membuat teh menjadi minuman setiap pagi banyak orang. 

Salah satu jenis teh yang tak banyak orang tahu adalah teh hitam, gak kalah dari teh hijau ternyata teh hitam ini memiliki segudang khasiat bagi tubuh loh. Langsung liat aja manfaatnya di bawah ini ya.

Menyehatkan sistem pencernaan

Teh hitam memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan terutama organ usus. Dilansir dari laman Healthline.com, Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti Salmonella.

Selain itu teh hitam juga bersifat, antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya. Meningkatkan jumlah bakteri di usus serta membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

Menurunkan kadar kolesterol

Pada umumnya terdapat dua jenis kolesterol seperti yang dilansir dari Kemenkes RI, yaitu HDL (High Density Lipoprotein) berfungsi untuk mencegah ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Lalu, LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang jadi salah satu penyebab utama pembentukan ateroma.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL.

Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko komplikasi kesehatan. Teh hitam adalah minuman tanpa pemanis yang terbukti membantu meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh.

Dilansir dari laman Healthline.com, para peneliti menyimpulkan bahwa beberapa senyawa dalam teh terbukti meningkatkan kadar insulin, khususnya katekin yang disebut epigallocatechin gallate.

Menurunkan resiko penyakit kanker

Kanker termasuk dalam salah satu jajaran penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja. Meski demikian, polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker.

Disimpulkan bahwa kandungan polifenol dalam teh hitam, dapat membantu melawan sel kanker di dalam tubuh. Tapi, bukan berarti bisa menyembuhkan kanker ya, lebih tepatnya memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Sumber gambar utama: Freepik
Sumber informasi: Healthline.com

Leave a Reply