Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Meskipun pada umumnya kulit lemon sering kali dibuang karena dianggap hanyalah bahan yang tidak terpakai. Tapi nyatanya gak seperti itu lo sobat banyak penelitian yang mengatakan bahwa kulit lemon memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh.

Apa saja manfaatnya? Yuk kita cari tahu!

Tinggi Kandungan Antioksidan

Sumber: freepik

Kulit lemon memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh kita. Termasuk kandungan D-limonene dan juga vitamin C.

Kandungan D-limonene memiliki kegunaan untuk menurunkan resiko untuk penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Penelitian yang dikutip dari Healthline menjelaskan bahwa kandungan D-limonene yang terkandung pada buah lemon mampu mengurangi stres oksidatif yaitu stress yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan dan penuaan dini.

Selain itu vitamin C dalam kulit lemon bertindak sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Membantu Kesehatan Gusi dan Mulut

Sumber: freepik

Kulit lemon memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan mikroorganisme yang menyebabkan banyak permasalahan pada mulut. Salah satu permasalahan pada mulut sering disebabkan oleh bakteri Streptococcus Mutans.

Pada salah satu penelitian dari yang dikutip dari Health America ditemukan bahwa kulit lemon memiliki empat senyawa dengan efek yang kuat untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme, termasuk memerangi efek buruk dari bakteri Streptococcus mutans.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sumber: freepik

Darah tinggi, kolesterol serta obesitas merupakan salah satu faktor terbesar penyebab kematian yang berhubungan dengan permasalahan jantung. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi kulit lemon sobat. 

Ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengalami obesitas kandungan D-limonene bisa  menurunkan gula darah, trigliserida, dan kadar kolesterol LDL (jahat), sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik). 

Kandungan antioksidan Pektin yang terkandung dalam kulit lemon juga dapat mengurangi kadar kolesterol dengan meningkatkan ekskresi asam empedu, yang diproduksi oleh hati Anda dan berikatan dengan kolesterol.

Pelengkap Diet

Sumber:freepik

Setelah tahu berbagai manfaat dari kulit buah lemon yang baik untuk sobat tentunya belum lengkap dong kalau belum tahu cara mengolahnya apalagi olahan kulit lemon cocok untuk kamu yang diet.. Langsung simak caranya dibawah ini. 

  • Mencampurkan parutan kulit lemon pada salad maupun yoghurt
  • Mencampur kulit lemon beku pada minuman sobat
  • Mengeringkan kulit lemon dan kemudian diseduh seperti menyiapkan teh.
  • Kulit lemon dapat dikeringkan lalu dihaluskan untuk menjadi bumbu campuran lada dan garam

Wah banyak banget kan kreasinya sobat, next time kalau sobat belanja lemon jangan lupa untuk memanfaatkan kulitnya ya.

Leave a Reply