Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Dengan tren digital dan teknologi yang semakin berkembang tiap tahunnya tentunya semakin memudahkan berbagai kegiatan. Salah satu pihak yang paling terbantu dengan perkembangan teknologi ini adalah para pembuat konten kreatif di internet atau yang sering disebut konten kreator.

Mulai dari kreator yang memiliki hobi menulis, membuat video, bahkan siaran telah hadir berbagai jenis platform untuk mendukung dan menyebarkan konten yang dibuat.

Namun terkadang bagi kamu yang memiliki ide untuk membuat konten sendiri ataupun sekedar mendapatkan pemasukan dari konten yang kamu buat modal dan pemasukan menjadi permasalahan utama, terutama bagi para kreator awal.

Karena itu dibutuhkan pemasukan tambahan selain hanya dari iklan ataupun revenue dari platform yang digunakan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan situs penggalangan dana.

Secara singkat situs penggalangan dana merupakan situs yang memfasilitasi para fans untuk memberikan apresiasi terhadap kreator favoritnya.

Nantinya para fans yang membantu akan mendapatkan konten eksklusif yang tidak didapatkan fans lainnya dari kreator yang didukung mereka. Nah mau tahu apa saja website maupun aplikasi penggalangan dana mandiri? Yuk disimak!

KaryaKarsa

Sumber: karyakarsa.com

Salah satu platform penggalangan dana karya anak bangsa. Menurut founder sekaligus CEO dari karya karsa yaitu Ario Tamat.

KaryaKarsa merupakan platform apresiasi kreator tempat fans dapat langsung mendukung kreator favorit mereka dengan kesinambungan finansial.

Sehingga, kreator bisa mendapatkan pendapatan bulanan langsung dari fans mereka untuk terus berkarya.

Patreon

Sumber: patreon.com

Patreon merupakan salah satu situs penggalangan dana terbaik untuk individu yang memproduksi konten kreatif, mulai dari ilustrator, musisi, podcaster, penulis hingga pembuat video.

Para kreator yang menggunakan Patreon mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan apresiasi dari fans dengan timbal balik sebuah konten ataupun karya yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan besaran apresiasi yang diberikan.

Patreon juga merupakan salah situs website penggalangan dana favorit kreator Youtube di Amerika. Mulai dari kreator seperti Philip Defranco hingga Banging With Babish

Baca juga: Naik Kereta? Jangan Asal Pilih Tempat Duduk lo Sobat

Kickstarter

Sumber: kickstarter

Kickstarter sendiri merupakan salah satu website pelopor untuk melakukan penggalangan dana. Kickstarter menyediakan penggalangan dana bagi hampir siapa saja mulai dari para kreator, pebisnis hingga yang ingin mendirikan startup.

Namun sedikit berbeda dengan platform serupa kickstarter tidak menyediakan konten eksklusif melainkan hasil jadi dari produk yang didukung oleh para suporter.

Sebagai contoh jika kamu membiayai penggalangan dana untuk smartwatch buatan developer lokal, maka kamu akan mendapatkan produk tersebut ketika sudah dipasarkan.

FundMyTravel

Sumber: fundmytravel

Salah satu website penggalangan dana dengan tema yang spesifik yaitu travelling. Disini kamu bisa melakukan penggalangan dana jika ingin traveling ke suatu tempat.

Traveling disini tidak terbatas hanya liburan saja, namun banyak yang menggunakan platform ini mengerjakan kegiatan sosial mulai dari volunteer event kemanusiaan hingga menjadi guru di negara berkembang

Satu hal yang perlu diingat yaitu saat menggunakan aplikasi maupun website penggalangan dana jangan menyalahgunakan dana tersebut di luar apa yang telah kita janjikan

Leave a Reply