Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Hari ini, tepat 14 Juni 2021 diperingati sebagai Hari Donor darah sedunia sobat, bagi kamu yang belum pernah melakukannya. Perlu banget deh simak informasi mengenai apa itu donor darah dan manfaatnya.

Seperti yang kalian tau, donor darah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan stok kantung darah di rumah sakit atau di beberapa daerah yang terkena bencana.

Bukan hanya itu, mendonorkan darah juga dilakukan ketika seseorang mengalami kecelakaan atau pun penyakit yang membutuhkan pasokan darah yang sesuai.

Jarang kita sadari bahwasannya kegiatan donor darah yang dilakukan, memiliki beragam manfaar untuk kamu dan orang lain lho sobat. Contohnya seperti yang di bawah ini.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Doctor holding red heart with stethoscope, heart health,  health insurance concept Premium Photo

Sumber: Freepik

Sering mengkonsumsi boba, junkfood, dan mie instant. Hal itu bisa menimbulkan penumpukan lemak, di dalam darah dan bisa menjadi indikasi penyakit kronis seperti jantung dan penyakit kanker.

Donor darah berguna untuk menurunkan kadar kolesterol juga lho sobat. Hal itu juga akan membuat produksi darah baru menjadi lebih teratur dan lebih baik kedepannya.

Menurunkan Berat badan

Sumber: Freepik

Lelah dengan berbagai macam metode diet? Mungkin sobat bisa mencoba alternatif yang satu ini. Saat mendonorkan darah tubuh akan membakar kalori.

Tapi hal ini, bukan berarti kamu bisa langsung cepat kurus hanya karena mendonorkan darah secara rutin. Kalian juga harus mengimbanginya dengan olahraga dan konsumsi makanan berserat yang kaya akan vitamin.

Mendeteksi Penyakit

Sumber: Freepik

Sebelum melakukan donor darah, biasanya petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk mengetahui kondisi fisik calon pendonor. Setelah itu pun darah yang sudah didonorkan akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Bila kamu dinyatakan aman untuk melakukan donor, maka proses pendoronan bisa dilakukan. Tapi jika tidak sehat maka akan dijelaskan indikasi penyakit apa yang terjangkit pada kamu.

Menyelamatkan banyak nyawa

Sumber gambar: Freepik/pressfoto

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu, melainkan bermanfaat juga bagi orang lain. Dengan rutin melakukan donor darah, kamu sudah membantu banyak nyawa untuk dapat pulih dari penyakit yang mereka alami.

Sebelum mendonorkan darah, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti tidur yang cukup, konsumsi air terpenuhi, dan sedang tidak dalam keadaan sakit sekalipun sakit ringan. 

Kunci utama dalam menjaga kesehatan, adalah mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran segar. Hal ini, agar sebelum melakukan donor darah kondisi tubuh dalam keadaan fit.

Leave a Reply