Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Memiliki buah hati usia kanak-kanak dan remaja memiliki tantangan tersendiri bagi para orang tua. Entah itu khawatir akan tumbuh kembangnya atau masalah kesehatan yang bisa saja diderita si anak tanpa kita sadari. Termasuk jika anak sudah mulai kecanduan bermain gadget yang  bisa membahayakan tubuh dan juga kesehatan mata mereka.

Untuk itu orang tua harus lebih mengawasi anak saat menggunakan gadget, salah satu caranya dengan mencari alternatif kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian mereka dari penggunaan gadget yang berlebihan.

Nah beberapa aktivitas di rumah ini bisa dilakukan bersama anak untuk menghindarkan mereka dari penggunaan gadget yang berlebihan. 

Bermain Tebak Kata atau Puzzle

Sumber foto: Freepik

Seperti kebiasaan pada umumnya tentu anak-anak suka untuk bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru untuk dipelajari. Permainan yang bisa dilakukan untuk mengasah tumbuh kembang anak adalah bermain tebak kata. Kenapa? Karena bisa menambah wawasan anak dengan kosa kata baru.

Selain itu puzzle juga bisa mengajarkan anak untuk problem solving, koordinasi mata dan tangan, melatih kemampuan motorik dan melatih kesabaran. 

Menanam Tumbuhan

Sumber foto: Freepik

Berinteraksi dengan alam bisa menjadi alternatif yang bagus untuk memperluas pengetahuan mereka. Salah satunya adalah menanam tumbuhan, tidak perlu yang terlalu sulit seperti pohon. Kalian bisa memulai dari tanaman kecil seperti bunga hias dan jenis sayuran.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Ruam Pada Kulit Bayi

Melukis

Sumber foto: Freepik

Setiap anak pastinya memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda, salah satunya adalah melukis. Melukis bisa jadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak dirumah. Kegiatan ini bisa meningkatkan kreativitas, mobilitas, dan rasa percaya diri pada anak.

Tidak perlu melukis diatas kanvas atau mencoba melukis hal rumit, bisa dimulai dari menggambar hewan atau tumbuhan dengan pensil di atas selembar kertas dan diwarnai.

Memasak

Sumber foto: Freepik

Salah satu kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari adalah memasak. Memasak bersama anak akan meningkatkan keeratan hubungan keluarga dan juga meningkatkan kreativitas dan mengajarkan pola makan yang sehat sedari dini pada anak.

Memasak juga akan membantu mereka memahami tentang cara mengolah makanan. Sehingga anak akan lebih menghargai dan tidak membuang-buang makanan.

Jangan lupa untuk mengimbangi antara waktu bermain dan belajar pada si anak. Agar mereka bisa membedakan kapan harus fokus dan bersantai, beri anak apresiasi ketika melakukan hal baik dan rajin. Bisa berupa makanan atau snack kesukaan mereka seperti es krim dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply