Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Puasa selama bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah membuang racun didalam tubuh dan menurunkan berat badan.

Tentu di tengah rawannya virus seperti sekarang, kita juga wajib menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Karena, tubuh akan lebih rentan terhadap dehidrasi dan kelelahan.

Untuk itu, beberapa hal ini perlu untuk kamu lakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama bulan Ramadhan.

Jangan makan berlebihan saat buka puasa

Muslim woman sharing food at ramadan feast Free Photo

Sumber foto: Freepik

Berbuka puasa juga harus memperhatikan gizi yang seimbang, agar puasa tetap lancar hingga hari terakhir. Itu sebabnya, disarankan untuk tidak makan berlebih saat buka puasa. Karena mengkonsumsi makanan secara berlebih dapat menimbulkan masalah pencernaan dan menimbun lemak yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Hindari gorengan

Gorengan: Indonesia's Favorite Fried Snacks - Indoindians.com

Sumber foto: Indoindians.com

Siapa yang saat berbuka suka makan gorengan? Nah mulai sekarang kalian harus mengurangi makan gorengan saat berbuka ataupun sahur. Mengkonsumsi makanan berlemak dan bergula juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, kita harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur,karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, ganti menu sahur dan buka puasa dengan buah dan sayuran serta alternatif lainnya. Mengkonsumsi makanan kaya serat selama bulan Ramadhan juga ideal karena dicerna lebih lambat daripada bentuk makanan lainnya.

Jangan lewatkan sahur

Muslim interreligious family with christmas tree Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Seperti kata pepatah, ‘sarapan adalah hal terpenting sebelum mengawali aktivitas’. Sama halnya selama Ramadhan, itu menjadi penting.

Melewatkan waktu sahur akan memperpanjang periode puasa karena tubuh yang seharusnya bergantung pada makanan sebelumnya untuk menjaga tubuh tetap bertenaga sebelum waktu buka puasa. Karena berpuasa berjam-jam lebih lama, tubuh kita cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari.

Minum air putih secukupnya

Young arabian woman drinking water from plastic bottle Premium Photo

sumber foto: Freepik

Saat sahur dan menjelang memulai puasa ada baiknya kalian tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Agar tidak ada masalah seperti bau mulut, bibir pecah-pecah, ataupun panas dalam saat mulai berpuasa.

Bukan hanya asupan makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka. kebutuhan tubuh akan vitamin, juga perlu kita perhatikan agar kesehatan tetap terjaga walaupun berpuasa di tengah rawannya virus seperti sekarang.


Leave a Reply