Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Masa tumbuh kembang bayi menjadi salah satu langkah emas dalam kehidupannya. Untuk itu segala kebutuhan untuk menunjang pertumbuhan bayi harus dipersiapkan dengan baik.

Salah satunya peralatan makan, peralatan makan dan minum bayi harus dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman yang bisa saja membahayakan kesehatannya.

Cara membersihkan peralatan bayi tidak bisa sembarangan, diperlukan proses sterilisasi yang berguna agar kuman dan kotoran yang menempel di botol susu dan peralatan makan dapat hilang.

Mencuci botol bayi

New mother washing the  automatic breast pump. Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Saat mencuci peralatan makan dan botol susu bayi, ibu perlu memastikan setiap sudutnya bersih dari sisa makanan atau susu. Gunakan sabun pencuci botol dan dot khusus yang aman untuk bayi

Agar tidak menyebabkan botol dan alat makan menjadi bau. Menggosok bagian dalam botol menggunakan sikat dengan bulu halus sehingga tidak membuat permukaan botol terkelupas atau tergores.

Baca Juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Untuk Kesehatan Bayi

Sterilisasi peralatan botol bayi

Baby bottle and milk on gray Premium Photo

Sudah menjadi kebiasaan yang sangat wajar di kalangan para ibu untuk mensterilisasi botol susu dan peralatan makan si kecil dengan cara direbus.

Proses merebus dilakukan selama kurang lebih 5 menit, pastikan peralatan makan dan botol susu terendam seluruhnya di air mendidih. Kalau sudah, biarkan botol hingga air mulai dingin. Setelah itu keringkan botol dan simpan di wadah yang kering.

Kalau sedang terburu-buru, cukup tuangkan air panas ke botol kemudian kocok dan buang airnya. Botol susu akan terhindar dari bau kerak susu yang menempel di dasar botol.

Hand of mother feeding baby with milk bottle Premium Photo

Ingin yang lebih praktis? Nah, ibu bisa menggunakan alat sterilisasi otomatis yang banyak diperjualbelikan sekarang. Cara kerjanya dengan proses steam untuk menghilangkan kuman serta menghilangkan bau pada botol susu bayi.

Menjaga botol susu dan perlengkapan makan si kecil tetap bersih dan steril akan membuat bayi terhindar dari penyakit. Karena ujung dot yang lembab karena liur bayi bisa berpotensi menjadi sarang bakteri.

Memilih perlengkapan makan si kecil juga nggak boleh sembarangan bunda, pastikan botol bayi memiliki label ‘BPA-free’ berarti botol tersebut bebas dari bahan kimia (Bisphenol A) yang berbahaya bagi tubuh.

Sumber: Zwitsal.co.id


Leave a Reply