Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Ketika Moms membawa Si Kecil ke dokter untuk pemeriksaan, Moms seringkali menanyakan pertanyaan yang sama, “Apakah Si Kecil sehat? Apakah ada masalah?” Moms selalu mengkhawatirkan Si Kecil yang mengalami masalah pertumbuhan setiap kali mereka menunjukkan ciri fisik atau perilaku “aneh”.

Untuk meredakan kekhawatiran Moms, Bettye M. Caldwell, Profesor Perkembangan dan Pendidikan Anak, telah membuat template untuk membantu Moms menentukan apakah Si Kecil yang berusia 1 tahun tumbuh secara normal.

Namun, Moms tetap harus memperhatikan konsep penting “variabilitas”. Terlepas dari penghitungan yang akurat tentang apa yang kebanyakan anak lakukan, bagaimana kecepatannya, dan bagaimana urutan keterampilan yang berbeda muncul, masih merupakan hal yang mustahil untuk meminta setiap bayi mencapai standar yang sama.

Kita dapat dengan mudah mengamati dan menentukan perkembangan bayi usia 1 tahun dari 3 dimensi: perkembangan fisik, kognitif, dan sosial & emosional.

Perkembangan Fisik

Bayi usia 1 tahun sudah mencapai tahap perkembangan fisik tertentu. Mereka mampu mengontrol pergerakan kelompok otot besar dan kecil serta menguasai koordinasi tangan-mata.

Performa tiap bayi berbeda-beda, tetapi umumnya, mereka semua dapat berdiri tanpa bantuan dan berjalan dalam jarak yang dekat. Mereka juga mampu memegang 2 sampai 3 buah mainan, mengeluarkannya, dan meletakkannya kembali. Mereka juga bisa memegang cangkir dan mulai minum, atau memegang sendok.

Beberapa bayi mampu melakukan tindakan ini, tetapi tidak dengan benar-benar sempurna. Dalam hal ini, Fisher-Price Busy Activity Walker adalah yang mereka butuhkan. Ini bukan hanya alat bantu jalan yang menstabilkan langkah pertama Si Kecil tetapi juga mainan aktivitas yang sempurna untuk Si Kecil.

Ketika Si Kecil sedang duduk, mereka dapat menggerak-gerakkan tiga jenis mainan di bagian depannya, dan memasukkan serta mengeluarkan mainan sesuai bentuknya, yaitu balok, tabung kecil dan mainan berbentuk bintang.

Mainan ini mampu melatih keterampilan motorik halus tangan mereka dan memperkuat koordinasi tangan-mata, disamping fungsi utamanya yaitu untuk melatih keseimbangan dan kendali saat mereka belajar berjalan.

Perkembangan Kognitif

Perkembangan intelektual bayi usia 1 tahun terlihat jelas, terutama pada bahasa. Bayi pada tahap ini mampu bermain sendiri untuk sementara waktu, menyelesaikan beberapa masalah sederhana (seperti menemukan mainan yang tersembunyi), serta berkomunikasi dengan Moms menggunakan bahasa tubuh.

Mereka juga akan mencoba mengucapkan kata atau frasa pendek seperti “mama”. Mendengar suara Moms, Si Kecil bisa meniru artikulasi tersebut dan mencoba mengikuti apa yang dikatakan teman futuristik ini.

Meskipun Si Kecil pada tahap ini mungkin belum sepenuhnya memahami apa yang Moms katakan, mereka masih dapat menangkap beberapa frasa dan kata.

Kita dapat mengamati bagaimana Si Kecil bereaksi terhadap instruksi ini – sebagian besar anak usia 1 tahun dapat mengidentifikasi dan mencoba mengikutinya.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Bayi berusia 1 tahun biasanya menunjukkan perhatian dan ketertarikan pada orang-orang spesial (seperti Moms) dan orang asing.

Mereka mengekspresikan emosi mereka secara alami – mereka menangis, mereka tersenyum, mereka dapat dengan mudah ditenangkan saat kesal. Mereka mungkin bereaksi berbeda saat menghadapi orang yang berbeda, saat mereka dipeluk, atau saat mendengar suara lembut Moms.

Moms dapat menggunakan mainan musik untuk membantu Si Kecil mengembangkan emosinya. Mereka bisa merasakan dan pasti menikmati kegembiraan dan kepuasan yang disalurkan musik.

Bandingkanlah dengan tes perkembangan anak formal lainnya, serangkaian daftar indikator perkembangan untuk bayi usia 1 tahun ini cukup sederhana, tetapi dapat memungkinkan Moms mengetahui apakah Si Kecil yang hampir berusia 1 tahun tumbuh dengan normal.

Pengamatan informal ini diharapkan dapat meredakan kekhawatiran dan kekhawatiran Moms – kecuali jika ada perbedaan yang signifikan antara tahap perkembangan Si Kecil dengan indikator perkembangan yang sesuai, dengan demikian Moms dapat menyaksikan pertumbuhan Si Kecil, buah hati yang Moms sayangi, dengan lebih tenang.

Namun, harap jangan melupakan juga konsep penting “variabilitas”. Beberapa bayi belajar berjalan terlambat tetapi mereka mulai berbicara lebih awal; beberapa bisa berjalan di bulan kedelapan mereka, tapi mereka masih tidak bisa mengucapkan “mama” ketika mereka berusia satu tahun.

Namun, seiring pertumbuhan bayi, celah ini secara bertahap akan menyempit dan tidak akan memengaruhi perkembangan bayi.

Isi artikel ini secara khusus dipersiapkan oleh Bettye M. Caldwell, Profesor Perkembangan dan Pendidikan Anak.

Tulisan yang kami lampirkan di atas hanyalah sebagai saran. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, untuk informasi yang lebih lanjut.

MATTEL DISKON HINGGA 50%

©2018 Mattel All Rights Reserved

Leave a Reply