Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir, menyebabkan banyak penurunan di berbagai sektor di berbagai belahan dunia. Mulai dari perekonomian, kesehatan, industri dan lain sebagainya juga terdampak akibat merebaknya virus tersebut.

Salah satu upaya pemerintah, untuk meredam penyebaran covid-19 adalah melakukan vaksinasi massal. Di Indonesia sendiri, vaksinasi covid-19 sudah berjalan sejak Januari 2021 lalu dan masih terus berlanjut hingga saat ini yang terbagi menjadi beberapa tahap.

Hal ini dilakukan, agar semua warga negara mendapatkan vaksinasi secara merata tapi tetap kondusif.

Sebelum, melakukan vaksin kamu perlu untuk mengetahui hal apa saja yang berkaitan dengan proses vaksinasi ini sobat.

Salah satunya adalah timbulnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) , dilansir dari laman kesmas.kemkes.go.id KIPI merupakan semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi dalam hal ini vaksinasi covid-19 adalah salah satunya.

Reaksi yang mungkin saja terjadi sehabis vaksinasi covid-19 hampir sama dengan vaksin lainnya, gejala tersebut berupa:

  • Reaksi lokal, seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan dan reaksi lokal lain yang berat misalnya selulitis
  • Reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (atralgia), badan lemah dan sakit kepala
  • Reaksi lain, seperti alergi misalnya urtikaria, oedem, reaksi anafilaksis, dan syncope (pingsan)

Biasanya petugas kesehatan akan menginstruksikan, ketika terjadi gejala seperti bengkak, kemerahan atau nyeri di area suntikan dapat kamu atasi dengan mengompres dingin area tersebut.

Sedangkan untuk reaksi ringan seperti demam dan malaise dapat kamu atasi dengan cara berikut:

  • Minum air lebih banyak
  • Menggunakan pakaian yang nyaman
  • Kompres atau mandi air hangat
  • Mengonsumsi paracetamol sesuai dengan dosis

Untuk lebih amannya lagi, sebaiknya sesudah vaksin kamu menunggu dahulu di tempat vaksin selama 30 menit. Hal ini agar, jika sewaktu-waktu terdapat gejala serius kamu dapat langsung ditangani oleh petugas kesehatan.

Klik min juga mau memberikan tips agar kalian tetap sehat dan aman sehabis vaksin sobat. Simak di bawah ini ya.

Mengonsumsi makanan bergizi

Sumber gambar: Freepik

Makanan-makanan bergizi seimbang akan membantu tubuh kamu untuk tetap kuat dan sehat sehabis vaksin. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi dan berserat juga akan membuat pencernaan menjadi lancar.

Baca juga: Khasiat Alami Empon-Empon yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Istirahat yang cukup

Sumber gambar: Freepik

Istirahat yang cukup dapat membantu memulihkan kondisimu pasca melakukan vaksin. Pastikan, kamu tidur sesuai dengan jam tidur yang biasa kamu jalani ya sobat.

Konsumsi vitamin sesuai kebutuhan

Sumber gambar: Freepik

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga perlu untuk mengonsumsi vitamin yang membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Jangan tinggalkan 3M

Sumber gambar: Freepik

Satgas penanganan covid-19 berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus corona. Hal ini, dituangkan pada tagar #ingatpesanibu yang diusulkan oleh satgas covid-19.

Terdapat 3M yang perlu untuk dijalankan oleh masyarakat yaitu:

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak

Meskipun kamu sudah divaksin, wajib untuk tetap menjalankan 3M ini ya sobat. Jangan sampai lengah, agar tidak terjangkit virus berbahaya.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan aman di tengah pandemi seperti sekarang. Stay happy and healthy sobat klik!

Leave a Reply