Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Fenomena banjir seringkali melanda berbagai wilayah di Indonesia pada saat musim hujan. Khususnya di wilayah Jabodetabek, hal ini menjadi hikmah tersendiri bagi kita.

Curah hujan yang tinggi akibat musim hujan, membuat sebagian besar sungai di wilayah Jabotebek meluap ditambah dengan banjir kiriman dari daerah lain membuat ketinggian air meningkat.

Untungnya di sejumlah wilayah Jabodetabek, secara perlahan banjir mulai surut.

Sebelum mulai membersihkan rumah pasca banjir, beberapa hal ini, juga perlu kalian perhatikan sobat.

Mematikan listrik dan gas

Sumber foto: Freepik

Sebelum mulai ke tahap membersihkan sisa-sisa banjir.

Mengutamakan terlebih dahulu keselamatan dengan mematikan gas dan listrik yang masih menyala agar tidak tersengat listrik dan menghindari risiko tabung gas bocor.

Gunakan boots karet agar tidak licin saat akan membersihkan material dan sisa lumpur pasca banjir.

Jangan lupa juga untuk melihat kondisi bangunan rumah apakah rapuh setelah diterjang banjir atau tidak. Safety first everyone!

Mengamankan surat berharga 

Sumber foto: freepik

Kumpulkan berbagai perabotan yang belum rusak dan juga surat-surat berharga.

Pindahkan ke tempat yang lebih aman atau jika basah kalian bisa menjemurnya dibawah sinar matahari. Bisa juga menggunakan hair dryer untuk cara yang lebih cepat.

Bersihkan setiap sudut rumah

Sumber foto: Freepik

Keluarkan genangan air yang masih tersisa di dalam rumah dengan menggunakan ember plastik. Setelah itu pilah dan pisahkan barang atau perabotan yang sudah basah dan tidak layak pakai.

Gunakan sekop untuk membuang sisa lumpur di lantai sebelum mengering. Pel dan bersihkan lantai serta sudut rumah dengan desinfektan.

Buka ventilasi dan pintu rumah

Sumber foto: Freepik

Buka seluruh ventilasi dan pintu rumah agar udara segar dapat masuk dan mengeringkan bagian sudut rumah yang tidak terjangkau saat dikeringkan.

Selain itu udara yang masuk akan mencegah lembab pada bagian dalam rumah yang bisa menjadi sarang kuman dan juga hewan seperti kecoak, tikus, bahkan ular berbisa.

Banjir memang bukan hal yang menyenangkan, tetapi belajar untuk menyikapi segala kejadian secara bijaksana adalah hal yang tepat. Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu hal kecil yang berdampak besar untuk mencegah banjir.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan rumah, dari kuman dan bakteri pasca banjir yang bisa mengancam kesehatan kita dan keluarga.

Leave a Reply