Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Menggunakan jasa online shopping untuk berbelanja kebutuhan memang dinilai efektif di masa sekarang. Padatnya jadwal dan minimnya waktu untuk berbelanja secara langsung membuat kita sangat bersyukur dengan adanya situs online shopping. 

Tapi dengan segala kemudahan yang ditawarkan bukan berarti berbelanja online tidak memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang paling banyak adalah kasus penipuan saat berbelanja online, modus penipuan yang dipakai pun beragam mulai dari barang yang dijual tidak sesuai dengan yang kita terima hingga barang yang tidak kunjung sampai setelah kita melakukan pembayaran.

Untuk menghindari segala jenis penipuan yang bisa saja menimpa kita. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk terhindar dari penipuan saat online shopping.

Mengabaikan Pesan Tidak Kenal

Sumber foto: Freepik/slidesgo

Hal yang satu ini amat sangat penting untuk tidak terjebak kasus penipuan saat melakukan online shopping. Modus yang biasa dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab adalah memberikan pesan kalau kamu adalah salah satu dari pemenang undian. Setelah terjebak bisa saja kalian diperdaya.

Jika mendapatkan pesan, email, telepon yang tidak kalian kenal dan tampak mencurigakan segera abaikan atau untuk memastikan nomor yang menghubungi kalian bisa cek nomor call center resmi dari tempat kalian berbelanja online.

Memastikan Toko Terpercaya (Verified)

Sumber foto: Freepik/Lelyta

Sering melihat toko online yang menjual barang dengan harga yang sangat murah? Maka kamu patut curiga dengan online store tersebut. Bisa jadi barang yang di jual merupakan barang imitasi, kadaluarsa, ataupun barang reject. Apalagi online store yang tidak memiliki deskripsi terkait produk dan dijual serta review dari para pembeli.

Pastikan Pembayaran Jelas

Sumber foto: Freepik/ontsunan

Pembayaran saat berbelanja online bisa dilakukan secara virtual ataupun secara langsung dengan metode Cash On Delivery. Jangan pernah percaya ketika seseorang menawarkan untuk menitip pembayaran online shopping kalian, kecuali orang terdekat dan memang sudah dipercaya. Selain itu usahakan untuk selalu memilih pembayaran COD agar merasa aman hingga barang sampai di tangan kalian.

Keuntungan dari sistem COD sendiri adalah kalian jadi mengetahui kondisi barang secara langsung bila terjadi kerusakan pada saat pengiriman.

Mintalah Resi Pengiriman

Sumber foto: Freepik

Beberapa orang seringkali tertipu saat berbelanja online, salah satunya adalah ketika sudah melakukan pembayaran barang yang ditunggu malah tidak kunjung sampai dan online store yang menjual sulit untuk dihubungi. Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari hal ini adalah setelah pembayaran mintalah resi pengiriman yang jelas kepada penjual.

Selalu ingat untuk mengaktifkan handphone agar kurir pengiriman dapat menghubungi kalian saat barang akan dikirim, sehingga pesanan sampai di tangan kalian dengan selamat.

Belanja online bisa jadi menyenangkan dan aman ketika kalian memperhatikan secara detail tentang hal yang ingin dibeli dan mengetahui dengan jelas terkait online store tersebut.

Leave a Reply