Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju tentunya kebutuhan untuk memiliki smartphone menjadi salah satu prioritas yang tidak dapat dihilangkan dari kegiatan kita sehari-harinya. Mulai dari memesan makanan, bepergian hingga bertukar informasi dilakukan dengan smartphone.

Pilihan smartphone pun semakin banyak, kini setiap segmen terdapat smartphone yang dibuat untuk mengisi kebutuhan tersebut. Banyaknya pilihan ditambah munculnya smartphone baru tiap tahunnya membuat trend smartphone cepat berganti. 

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan bagi sobat yang ingin mendapatkan smartphone bekas dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau. Bagi yang ingin membeli smartphone bekas berkualitas tanpa terjebak penipuan, jangan lupa lakukan hal ini!

1. Mengecek Harga Pasar

Sumber: chinnarach/freepik

Tentunya harga merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting sebelum membeli smartphone terutama smartphone bekas. Karena itu setelah menentukan smartphone incaran, sobat wajib untuk melakukan perbandingan harga di pasaran.

Hal ini dilakukan agar sobat tidak membeli harga diatas harga wajar. Namun jangan lupa perbandingan harga harus dilakukan antara smartphone yang memiliki kelengkapan serta kualitas yang sama ya.

2. Pastikan Kelengkapan Aksesoris

Sumber: What mobile

Pastikan juga kelengkapan aksesoris smartphone incaran sobat mulai dari charger, kartu garansi, headset hingga kotak aslinya. Hindari untuk membeli smartphone yang dijual hanya dalam keadaan batangan. Karena smartphone batangan pada umumnya identik dengan smartphone curian.

Memang tidak semua tapi lebih baik berhati-hati daripada menjadi penadah barang curian secara tidak sengaja. Hal ini juga membuat sobat tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk melengkapi kebutuhan smartphonemu.

Baca juga: Alasan Mengapa Iphone Tetap Smooth Tanpa RAM Yang Besar

3. Pilih Transaksi Yang Aman

Sumber: macrovector

Jika memilih untuk membeli smartphone secara online pastikan metode pembayaran yang dipilih aman dan terjamin. Sobat dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran dengan menggunakan rekber. Rekber atau rekening bersama berguna untuk menjaga uang sobat saat barang yang dibeli ternyata tidak sampai ke tujuan. 

Namun jika ragu untuk melakukan pembelian online coba dengan sistem COD atau cash on delivery sehingga dapat mengecek kondisi smartphone incaran. Namun pastikan tempat yang kamu pilih COD aman ya.

4. Pastikan Semua Fitur Berfungsi Dengan Baik

Sumber: Rawpixel

Jika kondisi fisik dan kelengkapan sudah oke jangan lupa untuk mengecek dan memastikan fitur yang ada di smartphone tersebut berjalan dengan baik. Beberapa yang harus periksa mulai dari 

  • Responsivitas layar, pastikan tidak ada bagian yang terkena dead pixel
  • Periksa konektivitas, periksa kedua sim card jika smartphone tersebut support dual sim. Lalu jaringan bluetooth, WIFI, NFC hingga GPS.
  • Cek kamera, coba ambil beberapa foto dalam beberapa kondisi sekaligus dikombinasikan dengan fitur bawaan kamera smartphone tersebut. 
  • Kemudian cek sensor smartphone seperti ambient light sensor hingga gyroscope

Itu dia sederet tips untuk membeli smartphone bekas yang berkualitas dan tepat. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang ingin mengganti smartphone.

Yuk Belanja smartphone murah disini!

Leave a Reply