Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Paparan sinar matahari pagi memang bukan hal yang asing lagi baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi kebiasaan orang tua di jaman dulu adalah menjemur bayi mereka di pagi hari untuk membantu proses pertumbuhan si kecil lebih baik lagi.

Bukan hanya itu, paparan sinar matahari juga bisa digunakan untuk berbagai hal yang bermanfaat bagi manusia, salah satu contohnya adalah pembangkit listrik tenaga surya yang sangat membantu manusia karena energi yang satu ini lebih ramah lingkungan.

Tidak sampai disitu, beberapa manfaat kesehatan ini bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu harus berjemur minimal 10-15 menit secara rutin di bawah paparan sinar matahari.

Membantu pertumbuhan tulang

Sumber foto: Freepik

Seperti yang kita ketahui vitamin D memang menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin D yang larut dalam lemak ini diperlukan agar penyerapan kalsium dalam tubuh dapat berjalan lancar. 

Tapi bukan berarti, kita harus berjemur seharian di bawah sinar matahari, cukup berjemur di sinar matahari pagi sekitar 15 menit untuk mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Sumber foto: Freepik/Maria_sbytova

Sinar matahari yang cukup dapat membantu tubuh untuk memproduksi melatonin. Buat yang belum tau, dilansir dari laman melatonin merupakan hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita untuk tidur di malam hari. Jadi, jangan malas untuk berjemur dan berolahraga di pagi hari ya agar untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga: Hindari Kerusakan Kulit Di Tengah Polusi Dengan Tips Berikut

Mengurangi resiko kanker

Sumber foto: Freepik

Vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari dapat membantu tubuh untuk mengurangi resiko penyakit kanker. Tapi perlu diingat bukan hanya karena paparan sinar matahari saja kita bisa mencegah resiko terkena penyakit kanker, harus juga dibarengi dengan menjaga pola hidup yang sehat dan rutin melakukan medical check up ke dokter.

Mengembalikan mood 

Sumber foto: Freepik

Faktanya kebanyakan orang merasa memiliki suasana hati yang bagus setelah berada di paparan sinar matahari. Karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak yang berfungsi mengatur peningkatan suasana hati.

Selain itu, biasanya jika melihat matahari yang cerah di pagi hari justru menambah semangat untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Terlepas dari berbagai manfaat di dalamnya, ternyata sinar matahari juga memiliki resiko bila terpapar secara berlebihan. Salah satunya adalah kanker kulit akibat dari radiasi ultraviolet yang ada, untuk itu saat akan berjemur sebaiknya gunakan sunscreen untuk menghindari sinar matahari berlebih yang bisa saja menimbulkan kerusakan pada kulit.

Sumber: LifeHack

Berbagai Varian Sunscreen Ada Disini!

Leave a Reply