Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Setiap bahan makanan mempunyai ketahanannya masing-masing, itu sebabnya sebagai pembeli yang cerdas kita perlu mengetahui masih segarkah bahan makanan yang akan kita konsumsi? Hal ini, dikarenakan kesegaran bahan makan tersebut berpengaruh pada kenikmatan dan kesehatan makanan kita.

Nah, pada dasarnya setiap bahan makanan memiliki ciri khas kesegarannya masing-masing. Hal ini, memudahkan kamu untuk mengenali apakah bahan makanan yang akan kamu olah masih segar atau tidak.

Untuk mengetahui apakah bahan makanan yang akan kamu konsumsi segar atau tidak. Simak info selengkapnya di bawah ini ya.

Ikan

Sumber gambar: Freepik

Kamu suka mengonsumsi ikan? Maka kamu harus tau ciri khas ikan yang masih segar dengan yang tidak. Salah satu tanda yang mudah terlihat adalah dari fisik luar ikan, seperti ikan segar memiliki bagian mata yang cerah dan juga bening. Lalu, perut yang masih terasa kencang dan juga insang masih berwarna merah cerah.

Pastinya ikan segar, tidak berbau amis yang menyengat melainkan berbau segar. Ciri khas lainnya, ada pada sisik ikan yang masih mengkilat dan kuat menempel serta tidak mudah lepas saat dipegang.

Sayuran

Sumber gambar: Freepik

Konsumsi sayuran setiap hari baik bagi kesehatan dan kebutuhan serat di tubuh kita. Itu sebabnya kamu perlu mengetahui ciri sayuran yang kamu konsumsi segar atau tidak untuk menjaga kualitas makanan tetap baik untuk dikonsumsi.

Ciri yang pertama dan mudah untuk dilihat adalah kondisi sayuran yang tidak layu, berwarna cerah, dan tidak lembek ketika dipegang.

Selain itu, jika kamu melihat adanya lubang seperti gigitan pada sayuran. Itu menandakan, penggunaan pestisida yang tidak terlalu banyak sehingga sayuran masih dihinggapi ulat.

Buah-buahan

Sumber gambar: Freepik

Kebanyakan dari kalian pasti sudah tahu mengenai ciri khas buah-buahan yang segar atau tidak. Ciri khas yang pertama adalah warna buah yang masih cerah dan tidak terlalu tua, lalu tekstur buah yang masih terasa keras dan tidak terlalu lembek.

Dari tampilan luar buah saja kamu bisa melihatnya, jika di satu sisi terlihat busuk kecolatan maka buah sudah dipastikan tidak segar.

Baca juga: Buah dan Sayur Kaya Serat Untuk Kesehatan

Produk olahan susu

Sumber gambar: Freepik

Produk olahan susu juga perlu kamu perhatikan kesegaran dan kelayakan konsumsinya sobat. Hal ini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada tubuhmu. Salah satunya tidak terasa asam, kemudian tidak tampak berbusa di bagian permukaannya.

Hal itu, khusus untuk produk susu lain halnya dengan produk olahannya seperti yoghurt yang memang terasa sedikit asam. Untuk produk olahan susu seperti yoghurt, susu, keju dan lainnya bisa kamu perhatikan tanggal kadaluwarsanya ya agar aman saat dikonsumsi.

Daging

Sumber gambar: Freepik

Saat membeli daging pastikan kamu memperhatikan beberapa hal ini untuk memastikan daging yang kamu beli segar ya sobat. Pertama daging berwarna merah segar, kemudian berbau segar khas daging bukan anyir atau busuk.

Selain itu, daging segar memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mengandung air yang banyak.

Sumber: Kompas.com

Roti

Sumber gambar: Freepik

Sebelum membeli roti untuk memastikan kesegarannya, kamu perlu memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Selain itu, bisa juga terlihat dari fisik roti, jika terdapat jamur di roti menandakan roti tidak layak untuk dikonsumsi dan sebaiknya kamu memilih roti lain yang masih segar dan masih jauh tanggal kadaluwarsanya.

Itu dia beberapa ciri khas yang bisa kamu perhatikan, untuk melihat apakah bahan makanan yang akan kamu konsumsi masih segar atau tidak.

Cara penyimpanan yang tepat, juga mempengaruhi ketahanan dari bahan makanan yang kamu simpan.

Jadi, pastikan kalau kamu menempatkannya sesuai dengan pada tempatnya ya! Jangan lupa berikan label tanggal pada kemasan, untuk mengetahui sudah berapa lama kamu meletakan produk tersebut di dalam kulkas atau tempat penyimpanan.


Leave a Reply