Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Kita semua pasti sering melakukan kesalahan yang satu ini, memasak sesuatu di atas wajan lalu lupa mematikan kompor saat api panasnya sedang tinggi. Alhasil wajan kesayangan jadi korban, kerak sisa makanan yang gosong pasti akan susah untuk hilang dan nggak jarang membekas.

Pasti pusing memikirkan bagaimana cara agar kerak dan noda bekas makanan yang menempel di panci bisa hilang atau tidak. Nah pas banget ada tips mudah menghilangkan kerak membandel pada wajan.

Gunakan baking soda

Wooden bamboo eco friendly toothbrushes, baking soda  on white background. dental care and zero waste concept Premium Photo

Dalam menggunakan baking soda, kamu hanya perlu menyiapkan campuran baking soda dan air. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan baking soda dan sedikit air, dengan perbandingan sekitar 2 : 1, atau 3:1 tergantung besar wajan dan banyaknya kerak.

Jangan terlalu cair karena larutan tersebut harus seperti pasta, apabila terlalu banyak air, efek baking soda tidak akan terlihat. 

Oleskan campuran baking soda dan gosok dengan menggunakan wol baja sambil sesekali dialiri air bersih. Lakukan sampai kerak benar-benar lepas dari wajan

Gunakan cuka

Tidak jauh berbeda dengan cara diatas, perbedaannya hanya pada penggunaan cuka sebagai pengganti baking soda. Ketika sebuah panci sudah dirasa cukup panas, maka aliri permukaannya, terutama di bagian noda kerak gosong dengan semangkuk air cuka.

Diamkan selama beberapa menit, lalu gunakan spatula berbahan kayu untuk mengikis area wajan yang terkena kerak gosong tujuannya adalah agar wajan tidak tergores tapi noda kerak bisa hilag. Namun, cara ini tidak berlaku bagi wajan anti lengket.

Rendam dengan air panas dan sabun

The yellow dishwashing sponge lies at the bottom of the soaped pan on the table. Premium Photo

Cara terakhir adalah merendam wajan yang telah gosong dengan air panas. Rendam wajan dalam air panas setelah memasak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring setelah itu untuk melembabkan kerak gosong pada wajan agar lebih mudah terangkat

Tunggu hingga beberapa jam hingga air sabun berubah warna kecoklatan, lalu gosok permukaan wajan dengan menggunakan wol besi. Lakukan hingga noda keras makanan terangkat dari wajan.

Tapi di jaman sekarang kalian nggak perlu lagi pusing untuk membersihkan kerak sisa makanan di wajan, karena inovasi wajan anti lengket sudah banyak dijual.


Leave a Reply