Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Siapa yang tidak kenal dengan kayu jati? Pohon yang bernama latin Tectona grandis ini memang. terkenal sebagai bahan pembuatan berbagai furniture rumah seperti kursi, lemari, tempat tidur, dan juga pintu.

Kenapa kayu jati begitu populer? Dari segi ketahanan, kayu jati memang lebih unggul daripada jenis kayu lainnya. Keras dan kokoh membuat kayu jati tidak terpengaruh akan perubahan cuaca maupun saat terkena air dan juga serangan rayap.

Tapi bukan berarti furniture berbahan kayu jati tidak butuh yang namanya perawatan khusus untuk menjaga ketahanan nya. Agar tidak sembarangan dalam perawatan furniture berbahan dasar kayu jati beberapa informasi dan tips dibawah ini bisa jadi acuan kalian untuk mendapatkan keawetan furniture di rumah.

1. Bersihkan secara rutin

Image result for clean up teak wood furniture

Sumber foto: Marinetalk

Membersihkan furniture kayu jati secara rutin minimal satu minggu sekali. Hal itu diperlukan untuk menghindari debu dan kotoran yang menempel di furniture. Cara membersihkan nya juga tidak sembarangan.

Gunakan campuran sabun dan air secukupnya kemudian dengan menggunakan brush yang lembut bersihkan secara menyeluruh permukaan dan pinggiran furniture. Tunggu hingga kering setelah kering sobat bisa mengaplikasikan varnish untuk mengembalikan warna asli dari kayu jati dan agar terlihat lebih mengkilap.

2. Cara memindahkan

Image result for wood furniture

Sumber foto: The Honeycoombers

Memindahkan furniture berbahan kayu, entah itu kayu jati maupun jenis kayu lainnya jelas berbeda dengan furniture berbahan dasar besi dan plastik. Memindahkan furniture kayu dengan cara diangkat secara perlahan. Bukan digeser karena akan mengikis sedikit demi sedikit bagian permukaan kayu.

3. Tata Letak

Image result for teak wood furniture

Sumber foto: Cipta Bali Architect

Letakan furniture berbahan jati di tempat yang kering dan juga bersih dari kotoran. Suhu yang lembab perlahan akan membuat kayu menjadi tidak kokoh dan lebih mudah terserang jamur. Selain itu jangan meletakan furniture langsung dibawah sinar matahari karena bisa menyebabkan kayu menjadi keropos dan rapuh.

4. Melapisi permukaan

Gunakan busa, taplak meja, atau pun kain untuk melapisi permukaan furniture berbahan dasar kayu jati. Tidak hanya permukaan, kalian juga bisa melapisi bagian bawah furniture agar lebih aman saat terkena benturan ataupun gesekan. 

Di musim hujan yang rentan banjir ini, memang penting untuk menjaga ketahanan berbagai perabotan berbahan dasar kayu agar tidak lapuk. Tapi perlu diingat juga keselamatan kita dan keluarga lebih penting daripada semua barang berharga yang ada. 

Jangan lupa, setelah banjir mulai surut bersihkan berbagai penjuru rumah agar terhindar dari kuman dan juga hewan-hewan liar yang menyukai habitat yang lembab dan bau. Produk home care amdalan kamu bisa kamu temukan di Klik Indomaret yang pastinya mudah dan hemat.

Leave a Reply