Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Semakin populernya work from home membuat penggunaan aplikasi video conference untuk berkomunikasi. Salah satu aplikasi yang menjadi opsi teratas untuk digunakan adalah Zoom.

Sebenarnya fitur dari Zoom sendiri tidak terlalu berbeda dengan Google Hangouts ataupun Skype namun belakangan ada beberapa rumor bahwa aplikasi Zoom yang dapat diretas, sehingga ada oknum tidak bertanggung jawab yang bisa masuk ke dalam video conference yang diadakan. Istilah ini dikenal dengan Zoombombing

Wah, cukup berbahaya ya? Berikut Beberapa tips untuk menjaga keamanan serta pembahasan mengenai kenapa hal tersebut mungkin terjadi di Zoom

Cermati Penggunaan

video conference

Sumber foto: Freepik

Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom bernama Alfons Tanujaya,  aplikasi Zoom memiliki fitur remote yang dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat lain. Fitur ini tidaklah eksklusif pada Zoom, beb erapa software video conference lain seperti Team Viewer juga punya fitur remote, namun “Remote Desktop Control” yang ada di Zoom hanya bisa digunakan saat tersambung dengan virtual meeting. Fungsinya adalah agar team meeting bisa berkolaborasi dan mengatur slides saat presentasi.

Menurut Alfons, fitur ini cukup aman karena membutuhkan akses dari perangkat yang dituju sehingga dari kita sendiri harus bisa cermat dalam menggunakan fitur-fitur di Zoom. Apakah kita memberikan akses dengan tepat. Selalu pelajari aplikasi sebelum menggunakannya ya, terutama kalau kamu berhubungan dengan kontak yang belum kamu kenal sebelumnya.

Install Antivirus di Perangkat

antivirus

Sumber foto: Freepik

Ini merupakan salah satu bagian terpenting. Penggunaan internet untuk download bermacam update aplikasi serta file dari berbagai sumber. Untuk kamu yang belum familiar dengan dunia komputer, ada sebuah virus bernama “Malware” atau “Trojan” yang dapat mengakses dan mengontrol komputer kamu. Virus seperti mereka akan lebih mudah masuk bila tidak ada program antivirus baik di komputermu atau di ponsel.

Baik di komputer maupun ponsel, sudah banyak software seperti Avast, Kaspersky dan AVG yang bisa jadi pilihan untuk melindungi data dan informasi yang kamu simpan di komputer agar tidak diterobos oleh virus tersebut.

Baca Juga: Tips Tampil Optimal Saat Video Conference

Gunakan Akun TFA Untuk Login

social media

Sumber foto; Freepik

Akun TFA yang dimaksud disini adalah akun yang memiliki proses pengecekan dobel. Kalau kamu pernah lihat ada beberapa situs yang memberikan pilihan login dengan akun Google atau Facebook, itulah yang dimaksud TFA. Jadi akan ada pemeriksaan ganda ketika kamu login ke akun Google dan diperiksa kembali ketika akun Google meminta akses ke situs yang kamu tuju.

Dengan pemeriksaan ganda, kita bisa meminimalisir kemungkinan orang asing yang ingin masuk ke akun kita lewat proses hacking atau malware untuk program yang membutuhkan informasi pribadi dan akses ke perangkat yang kita gunakan seperti Zoom atau Skype.

Kira-kira begitulah cara sederhana menjaga keamanan kita saat menggunakan aplikasi Zoom dan sejenisnya. Selalu usahakan untuk mematuhi ketentuan penggunaan dan hanya unduh file dari situs terpercaya agar data pribadimu selalu aman.

Leave a Reply