Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Mempunyai  jadwal tidur yang berantakan memang dapat membuat kita strees dan depresi. Bagaimana tidak tuntutan aktivitas di pagi hari yang super padat mengharuskan badan segar  dan  fit sedangakan badan kelelahan. Memang tidak mudah mengatur jadwal tidur tepat waktu apalagi buat kamu yang harus kerja lembur, mahsiswa yang kejar kejaran deadline atau bagi kamu yang suka maraton drakot. 

Jadwal tidur yang kurang teratur itulah yang kemudian membuat sebagian orang mengalami ganguan tidur atau istilahnya insomnia. Insomnia dapat terjadi ketika kamu tidur sudah sangat larut malam sehingga kamu tidak bisa tidur lagi. Hal inilah yang membuat kamu kurang produktif dalam menjalani aktifitas. 

Jika sudah begitu kamu tidak Dapat menjani aktifitas dan pekerjaanmu dengan maksimal. Nah ada beberapa tips nih buat kamu para  insomnia

Atur jadwal kegiatanmu 

list.jpg

sumberfoto: rimma.co

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus punya list kegiatan harian. Apalagi buat para mahasiswa. Buatalah jadwal kapan kamu harus menyelesaikan tugasmu, jangan sampai kamu kerjakan deadline sehari sebelum pengumpulan.

Buat juga list kapan kamu nonton film kesukaanmu. Misal dihari minggu atau dihari- hari  kamu libur kelas.Hal ini membantu kamu lebih efektif dan terjadwal.Sehigga kamu tidak ada alasan lagi tidur larut malam demi deadline atau drakor ya sahabat.

Jangan main hp

hpmain.jpg

Sumberfoto:berkabar.id

Siapa nih disini yang suka main hp sambil tiduran. Selain tidak baik buat kesehatan mata main hp saat kamu hendak tidur memicu kamu mengalami insomnia loh.

Bagaimana tidak, jika main hp kan suka tidak kenal waktu apalagi main hpnya sambil maraton drakor.Wih bisa sampai subuh.Hehehehe maklum pengalaman pribadi juga. Jadi yang perlu kamu lakukan Jauhkan hp dari tempat tidurmu dan mulailah memejamkan mata.

Dengarkan lagu/bunyi hujan

ujan.jpg

Sumberfoto:kompas.com

Jika kamu benar-benar tidak bisa tidur dimalam hari dan hmpir strees karena ini. Kamu bisa coba cara ini.Tapi tadi katanya tidak boleh main hp?  Eitss bukan untuk stalking atau nonton drakor ya tapi kmu bisa play lagu kesukaanmu sebelum kamu tidur.

Tapi kalu aku tidak suka dengar lagu dan gak punya lagu juga d ihp gimana dong?  Eits jangan kawatir tidak hanya musik kok kmu bisa buka youtube kamu cari bunyi hujan.Akan ada banyak banget relaksasi bunyi hujan yang akan membantumu tidur dengan nyenyak.

Minum susu

coklt.jpg

Sumberfoto: mymilk.com

Siapa nih disini yang suka minum susu sebelum tidur. Apalgi susu coklat. Moody bgt emang minum susu coklat apalagi suasana hati lagi badmood. Lalu apa hubunganya  sama insomnia.

Nih aku jelasin. Menurut penelitian  asam amino dari susu, yaitu triptofan, dapat menenangkan sel saraf untuk membantu relaksasi tubuh dan otak sehingga dapat membantu lebih mudah terlelap tidur (sumber hello dokter). Tapi perlu diingat konsumsinya dalam jumlah sewajarnya saja ya sahabat karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik

Lakukan olahraha ringan

Olahraga ringan sebelum tidur dapat membut kamu tidur  lebih nyenyak  loh tidak hanya itu kamu juga dapat mendapatkan kualitas tidur yang baik. Olahraga ringan seperti yoga sanggat efektif dilakukan selain simple gerakanya cukup mudah loh.

Berikut gerakan yoga simple sebelum tidur yang dapat kamu lakukan:

Legs Up To Wall

legs up the wall - gerakan yoga sebelum tidur

Sumberfoto:yoganeka.com

Ambil posisi kaki dan letakan secara tegak lurus di dinding. Kedua lengan dibuat rileks dan letakkan disisi badan dengan menempelkan telapak tangan diatas perut. Tutup mata dan berlatihlah untuk rilek dengan bernafas secara perlahan selama 1-5 menit.Untuk menyelesaikan posisi ini, tekuk lutut dan kemudian rebahkan kaki ke arah kanan atau kiri dan kemudian duduk.(sumber: https://yoganeka.com/rileks-dengan-yoga-sebelum-tidur/)

Rock a Bye Roll

short desc

Sumberfoto:m.fimela.com

Caranya hanya dengan menyilangkan kedua kaki di bagian depan. Lalu ubah posisi silangnya sambil tetap mengatur nafas.

Child’s pose 

short desc

Sumberfoto:m.fimela.com

Hanya dengan duduk dengan menumpu pada dua kaki kamu yang dilipat ke belakang. Kemudian ulurkan tangan kedepan. Kamu akan merasakan otot-otot di punggugmu tertarik. 

Nah gimana sobat. Ada yang  sudah pernah lakukan tips di atas? Semoga bermanfaat yaa.


Tulisan Ini Dikirim oleh: Fina Fauziyati

Leave a Reply