Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Di masa kini tentunya gadget sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita setiap hari. Mulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi pasti kita tidak lepas dari peggunaan gadget.

Nah, walaupun memiliki manfaat sebagai media komunikasi dan sarana hiburan. Ternyata semua peralatan elektronik yang sering kita gunakan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita.

Salah satunya adalah radiasi blue light yang merupakan radiasi sinar biru yang dipancarkan melalui layar perangkat digital seperti televisi, PC, laptop, smartphone, tablet serta perangkat gadget lainnya.

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, ternyata perlu waspada akan beberapa dampak radiasi sinar biru berikut ini.

Kesehatan Mata

Sumber: Freepik/yanalya

Sinar biru yang dihasilkan dari layar smartphone atau gadget, bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata. Serta Juga dapat menimbulkan efek kelelahan pada retina mata, kesulitan untuk fokus, mata kering dan iritasi, serta pandangan buram.

Memalingkan pandangan dari layar gadget bisa mengurangi efek lelah pada retina mata. Selain itu, perlu adanya pembatasan jam dalam penggunaan gadget. Agar mata dapat beristirahat sejenak dan tidak mengalami mata merah.

Depresi

Sumber foto: Freepik/Jcomp

Menggunakan gadget dalam waktu yang lama dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami depresi atau bisa terkena stress hal ini bisa saja disebabkan oleh jam tidur yang terganggu. Sehingga mengacaukan bagian otak yang bertugas untuk mengontrol emosi dan rasa cemas pada seseorang.

Pegal dan nyeri

Sumber foto: Freepik/Jcomp

Hal ini sudah pasti sering dirasakan oleh kita semua, pegal dan nyeri pada area tertentu seperti punggung, leher, dan juga pusing terlalu lama bermain gadget dengan posisi menunduk. Hal itu disebabkan tekanan pada otot dan syaraf sehingga leher dan punggung menjadi kaku.

Blue light juga tidak hanya muncul dari alat elektronik dan gadget. Ada yang berasal dari sinar matahari, lampu LED, atau televisi dengan layar LED.

Fakta lainnya ternyata mata tidak bisa menangkal radiasi sinar biru, hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan permanen yang bisa berakibat kebutaan.

Untuk mengatasi dampak dari blue light, sobat bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengembalikan kelembaban pada mata yang kering. Serta mengggunakan kacamata anti radiasi sinar biru, guna melindungi mata.

Leave a Reply