Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Masa keemasan tumbuh kembang si kecil dimulai sejak ia berada di dalam kandungan. Mulai dari situ, kita perlu memperhatikan segala macam nutrisi yang dikonsumsi buah hati untuk membantu tumbuh kembangnya lebih baik. 

Setelah melewati masa menyusui, anak sudah bisa didampingi dengan makanan pendamping asi atau yang bisa disebut mpasi.  Mpasi biasanya dilakukan pada bayi yang sudah diberi asi eksklusif selama 6-12 bulan. Makanan pendamping asi ini biasanya diberikan dalam bentuk puree (bentuk makanan bayi yang sudah dilembutkan.

Nah beberapa bahan makanan ini sangat baik untuk menunjang masa mpasi pada si kecil. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Ayam kampung

Sumber gambar: Freepik

Daging ayam menjadi salah satu bahan andalan untuk menu pendamping asi pada bayi. Selain teksturnya yang mudah di cerna kandungan gizi di dalam daging ayam juga baik untuk pertumbuhan buah hati.

Ayam mengandung zat besi yang mampu membantu pertumbuhan sel darah merah, selain itu daging ayam juga mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan otot yang sehat.  Mengapa menggunakan ayam kampung? Karena ayam kampung dinilai lebih sehat karena pakan yang dikonsumsi masih alami.

Ubi ungu

Sumber gambar: Freepik

Salah satu jenis tanaman umbi-umbian ini memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik untuk makanan pendamping asi. Ubi ungu kaya akan kandungan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan pertumbuhan pada bayi.  Jika warna ubi ungu semakin gelap, maka semakin tinggi kandungan betakaroten serta antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Ikan

Sumber gambar: Freepik

Selain daging ayam, ikan menjadi alternatif lain sumber protein yang baik untuk mpasi bayi. Ikan merupakan sumber yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh seperti omega 3, 6, dan 9, zat besi, yodium, magnesium, fluoride dan zat lain yang baik bagi tumbuh kembang si kecil.

Ikan yang baik untuk mpasi anak contohnya salmon, cod, pollock atau bisa diganti dengan ikan lokal seperti ikan kembung, lele, belut dan ikan teri. Sebelum memberikan asupan ikan pada anak, pastikan mereka tidak memiliki alergi terhadap makanan laut.

Sumber: Theasianparent.com

Sayuran

Sumber gambar: Freepik

Bukan hanya baik bagi orang dewasa, sayuran juga sangat pas untuk menjadi makanan pendamping asi pada bayi. Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk menu mpasi adalah brokoli, wortel, bayam dan jenis sayuran lainnya.

Contoh nutrisi yang terkandung di dalam sayuran seperti bayam yang kaya akan vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor dan folat. Lebih baik gunakan sayuran organik untuk menghindari kontaminasi pestisida pada sayuran.

Buah-buahan 

Sumber gambar: Freepik

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, berikan buah-buahan sebagai makanan pendamping asi pada bayi. Buah yang cocok untuk jadi menu mpasi pada bayi adalah buah pisang, pepaya, buah naga, alpukat dan jenis buah lainnya.

Nah itu dia, beberapa bahan makanan yang bisa jadi inspirasi ibu untuk mpasi pada bayi, jangan lupa untuk konsultasikan masalah gizi dan mpasi anak ke ahlinya. Agar bayi tetap sehat dan tercukupi gizi hariannya.

Belanja Kebutuhan MPASI Si Kecil Di Klik Indomaret Aja!

Leave a Reply