Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Mencicipi berbagai makanan unik di penjuru dunia memang menyenangkan ya sobat. Apalagi biasanya makanan di tiap negara, memiliki rasa yang berbeda karena mengikuti lidah masyarakat atau warisan turun temurun.

Nah kalian pernah dengar tidak soal proses fermentasi? Proses mengolah makanan yang satu ini, memang sangat unik. Proses fermentasi terjadi dengan adanya bantuan mikroorganisme, ragi akan memecah gula menjadi dua bentuk, yaitu alkohol dan karbon dioksida. Karbon dioksida ini akan membentuk gelembung-gelembung di permukaan makanan atau minuman yang difermentasi. 

Makanan yang difermentasi juga memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Di berbagai negara ternyata ada loh makanan hasil fermentasi yang menyehatkan untuk dikonsumsi. Mau tau kan? Cek info selengkapnya di sini ya.

Tempe

Tempe typical indonesian food that is very nutritious Premium Photo

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari olahan kedelai ini, memang dikenal punya banyak khasiat sobat. Mulai dari nilai protein yang tinggi, sumber antioksidan, kaya akan vitamin B12, dan sangat cocok bagi kamu yang sedang diet. 

Tempe biasa dijadikan menu olahan diet sebagai pengganti daging. Karena jika diolah dengan benar, tekstur dari tempe ini bisa mirip dengan tekstur daging sapi.

Sumber: Hellosehat.com

Natto

Hot rice with natto in brown bowl with chopsticks in japanese style Premium Photo

Kalau kamu sering nonton serial tv Jepang pasti tau dengan makanan unik yang satu ini. Nattō atau (納豆) adalah makanan tradisional negeri sakura, berasal dari kedelai yang difermentasi dengan Bacillus subtilis, natto ini biasanya dimakan untuk sarapan. Karena kaya akan sumber protein dan probiotik. 

Natto biasa dimakan sebagai menu sarapan orang Jepang, dimakan hanya dengan nasi hangat lalu dicampur secara merata.

Kimchi

Kimchi salad made with vegetable cabbage. Premium Photo

Orang Korea terbiasa makan dengan berbagai macam lauk atau side dish. Salah satu side dish yang gak boleh ketinggalan adalah kimchi. Kimchi terbuat dari sawi putih yang diolah bersama dengan pasta cabai, kemudian difermentasi selama beberapa hari agar terasa enak. 

Khasiat dari mengkonsumsi kimchi adalah, baik untuk kesehatan usus, meningkatkan sistem imun, serta mencegah penyakit kanker.

Keju

Various types of cheese Premium Photo

Ada yang suka sarapan dengan roti dan keju? Maka kamu harus tau, kalau keju adalah salah satu makanan hasil fermentasi yang menyehatkan. Keju kaya akan kalsium, Vitamin A, protein, fosfor, magnesium, dan zinc serta masih banyak lainnya. 

Keju berasal dari proses fermentasi susu, nah pada dasarnya pembuatan tiap jenis keju itu berbeda. Tergantung dari jenis susu yang digunakan, jenis bakteri yang dipakai saat proses fermentasi, lama proses fermentasi serta cara penyimpanannya.

Sumber: Alodokter

Leave a Reply