Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Para pengguna android pasti pernah mengalami masalah smartphone yang satu ini, yaitu bootloop, eitss.. tapi tunggu dulu. Sebenarnya apa sih itu bootloop?

Bootloop adalah masalah yang terjadi pada perangkat lunak android, tanda dari bootloop yang ditimbulkan berupa kegagalan saat akan masuk ke dalam sistem. Sehingga hanya muncul logo android saja secara berulang-ulang.

Beberapa faktor juga bisa menjadi penyebab dari bootloop itu sendiri. Misalnya, konektor baterai yang tidak berfungsi, banyaknya modifikasi pada sistem dan lain-lain. Bootloop tentunya menjadi masalah yang sangat mengganggu untuk kita. Sebelum membawanya ke tempat service, ternyata hp android yang mengalami bootloop masih bisa untuk diatasi sendiri.

Nah bagaimana cara mengatasinya? Langsung aja kita lihat di bawah ini.

Recovery Mode

Recovery mode atau biasa disebut restart ulang, dilakukan guna mengembalikan kinerja sistem perangkat lunak agar berjalan dengan normal kembali. Cara melakukan recovery mode juga terbilang gampang.

Caranya:

  • Hal yang paling penting, memastikan kondisi baterai dalam kondisi full 100% atau minimal 70% karena proses recovery cukup menguras banyak baterai kalian. 
  • Matikan hp seperti biasa
  • Setelah mati total, tekan serta tahan tombol home, power dan volume up secara bersamaan. Akan muncul pilihan factory reset gunakan tombol volume up untuk memilih menu tersebut.
  • Setelah itu pilih menu reboot system, dan hp android akan mulai merestart ulang.

Sumber foto: Freepik

Sumber: lemoot.com  

Jika sudah melakukan recovery mode namun hp android masih mengalami bootloop ataupun bertambah parah. Bisa jadi yang rusak bukan hanya perangkat lunak hp kalian melainkan perangkat keras yang mengalami kerusakan. Jika sudah seperti itu lebih baik segera bawa ke counter resmi hp kalian untuk lebih mengetahui masalah yang terjadi.

Perlu juga kalian ingat kalau semua jenis hp, tentu memiliki tombol kombinasi untuk masuk ke mode recovery yang berbeda-beda. Entah itu dengan menekan tombol volume down atau pun sebaliknya. Selamat mencoba!

Leave a Reply