Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Memasuki penghujung tahun 2021, beberapa wilayah di Indonesia mengalami intensitas hujan yang mulai sering terjadi. Menurut Badan metereologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) prakiran awal musim hujan 2021/2022 terjadi pada kisaran bulan Oktober dan November 2021.

Itu sebabnya, kamu sudah mulai harus bersiap dengan hujan yang sewaktu-waktu datang kapan saja. Apalagi jika kamu bukan pengguna tranportasi umum atau mobil pribadi, melainkan mengendarai sepeda motor.

Perlu persiapan ekstra agar tetap selamat dan aman, menempuh perjalanan selama musim hujan ini.

Nah, untuk itu klikmin punya beberapa tips berkendara aman untuk kamu para pengguna sepeda motor.

Selalu sedia jas hujan di motor

Sumber gambar: Freepik

Salah satu barang yang wajib banget kamu bawa, baik di saat musim hujan maupun tidak. Jas hujan berfungsi untuk melindungi, dari paparan air hujan yang bisa membuatmu basah kuyup.

Sama halnya seperti memilih baju, jas hujan juga perlu kamu sesuaikan dengan ukuran tubuhmu. Hal ini, agar jas hujan yang digunakan tidak terlalu kecil atau kebesaran.

Pastikan sepeda motor dapat berfungsi dengan baik

Sumber gambar: Freepik

Memperhatikan kondisi sepeda motor, perlu secara rutin kamu lakukan. Apalagi, di tengah cuaca yang tidak menentu bisa saja tiba-tiba terjadi hujan.

Memastikan kondisi berbagai bagian motor seperti lampu yang terang, rem yang berfungsi dengan baik, dan berbagai bagian lainnya dalam keadaaan baik pula. Dengan memastikan semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik akan menyelamatkan kamu dari kerusakan atau kecelakan fatal.

Gunakan tas tahan air

Sumber gambar: Freepik

Hujan yang tidak menentu kapan datangnya, tentu membuat kita perlu memiliki persiapan yang ekstra. Untuk mengamankan gadget dan alat elektronik milikmu, gunakan tas yang memiliki bahan tahan air atau waterproof.

Tapi tenang saja, ada juga beberapa tas yang tidak memiliki bahan tahan air juga biasanya memberikan tambahan pelindung tahan air yang bisa melindungi barang agar tidak basah terkena air hujan.

Pastikan kondisi ban tidak “botak

Sumber gambar: Freepik

Maksud dari botak bukan berarti bannya memiliki rambut ya sobat, artinya adalah ban motor yang biasanya bagian permukaannya sudah licin dan tekstur/motifnya sudah memudar.

Hal ini, akan sangat membahayakan untuk keselamatan kamu dan orang lain, karena bisa saja tergelincir dan menimbulkan kecelakaan.

Apalagi ketika hujan atau sehabis hujan, jalanan akan terasa lebih licin karena genangan air. Jangan lupa untuk rutin cek dan menggantinya ya sobat.

Berkendara perlahan dan hati-hati

Sumber gambar: Freepik

Mau dalam keadaaan hujan ataupun tidak, memang harus selalu berhati-hati dalam berkendara. Namun, dalam keadaan hujan perlu lebih ekstra berhati-hati, karena jalanan yang licin dan jarak pandang yang minim karena terhalang hujan bisa saja membuat celaka.

Kalaupun tidak ada urusan yang mendesak, mengendarai sepeda motor secara perlahan dan hati-hati. Kalau bisa, lebih baik menepi dan berteduh dahulu hingga hujan reda.

Nah, itu dia beberapa tips berkendara saat hujan agar kamu tetap selamat dan aman sampai tujuan. Jangan lupa, selalu gunakan helm dan jaket saat berkendara dengan sepeda motor.

Belanja Jas Hujan di Klik Indomaret Aja!

Leave a Reply