Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

28 Oktober 1928 merupakan hari bangkitnya semangat juang dan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar sakral yang satu ini dianggap sebagai salah satu momentum dalam bangkitnya semangat perjuangan para pemuda pemudi Indonesia.

Memperingati hari Sumpah Pemuda tanpa tahu fakta maupun kisah dibaliknya akan terasa kurang bukan. Itu sebabnya, kita perlu tau tempat bersejarah, tercetusnya Sumpah Pemuda dan fakta menarik lainnya

Sumpah Pemuda muncul sejak Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27 hingga 28 Oktober 1928. Sejak hari pertama kongres kata “Merdeka” sudah menjadi yel-yel yang sering disuarakan. Sampai polisi Belanda yang menjaga kongres kala itu mengeluarkan larangan kata “Merdeka” saat kongres berlangsung.

Kemunculan perdana lagu kebangsaan Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II di Batavia terdapat momen menarik. Yakni saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan langsung oleh penciptanya W.R Soepratman.

Fakta menarik lainnya adalah naskah Sumpah Pemuda yang ditulis oleh Mohammad Yamin yang kala itu menjabat sebagai sekretaris dalam kongres yang berlangsung dari tanggal 27 – 28 Oktober 1928 tersebut.

Ini dia 3 tempat bersejarah yang menjadi cikal bakal lahirnya Sumpah Pemuda:

Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Bangunan bersejarah yang satu ini menjadi saksi kongres pemuda I yang diselenggarakan pada 27 Oktober 1928 silam. Bangunan yang kini ditempati oleh Yayasan Santa Ursula, menjadi cikal bakal tercetusnya Sumpah Pemuda yang kita kenal sampai hari ini.

Gedung Oost Java Bioscop

Bangunan bersejarah lainnya yang menjadi saksi bisu, tercetusnya Sumpah Pemuda adalah gedung Oost Java Bioscop . Tempat ini menjadi tempat terjadinya rapat kedua guna merampungkan Sumpah Pemuda.

Sayangnya, gedung yang dulunya terletak dekat dengan istana negara ini sudah tidak ada lagi dan tidak bisa kamu jumpai.

Gedung Indonesisch Huis Kramat

Gedung Indonesisch Huis Kramat yang kini telah menjadi museum Sumpah Pemuda, tempat bersejarah ini bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan seputar peristiwa Sumpah Pemuda.

Di tempat inilah, alur dari peristiwa Sumpah Pemuda dapat kamu saksikan dengan seksama dan jelas.

Sebagai warga negara yang baik, ada baiknya jika kita mengenal sejarah dan perjuangan para pendahulu kita demi mendapatkan kemerdekaan negara tercinta.

Momen peringatan Sumpah Pemuda ini harus kita kenang untuk menjaga nilai-nilai perjuangan para pahlawan serta menjaga kerukunan satu dengan lainnya.

Bagaimana Sobat? Tertarik untuk mengunjungi tempat bersejarah tadi? Kamu harus memastikan kondisi fisik dalam keadaan sehat dan optimal agar tidak mudah jatuh sakit saat berpergian keluar rumah. Selain itu jangan lupa siapkan masker, hand sanitizer, serta perlengkapan lain supaya lebih sehat dan aman dari virus.

Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021!


Sumber info: https://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Beli Masker dan Hand Sanitizer di Klik Indomaret Aja

Leave a Reply