Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Artikel ini merupakan juara dua dari Blog Competition “Cintai Produk Batik, Bangga Produk Lokal” oleh Klik Indomaret.

Penulis : Evi Erika Puspitasari

Sudah 12 tahun lamanya batik diakui dunia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbedandawi pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu melalui UNESCO. Semenjak pengakuan dunia itulah 2 Oktober menjadi hari bersejarah bagi kita, masyarakat Indonesia dan dijadikan pula sebagai momentum untuk menumbuhkan semangat dan kebanggaan atas keindahan karya asli Indonesia yang Bernama batik ini.

Uniknya nih, batik tidak hanya digemari di dalam negeri. Kini, batik sudah terkenal merajalela hingga ke seluruh penjuru dunia lho temen-temen. Hal ini ditandai dengan banyaknya tokoh-tokoh atau selebriti yang mengenakan pakaian batik secara casual seperti Lili Collins yang tertangkap paparazzi mengenakan dress batik di musim panas bahkan di acara formal seperti ketika Bae Suzy, Top Korean Actress yang mengenakan gaun batik di acara fashion dunia.   

Tidak berhenti sampai disitu, pesona dari keunikan batik juga diakui oleh designer ternama dunia seperti Diane von Frstenberg, Nicolle Miller, dan Burberry Prorsum yang memanfaatkan batik untuk design karya fashion mereka. Hal ini berarti keindahan dan keunikan Batik sudah diakui dunia dengan mengingat corak dan motifnya yang sungguh beragam dan tidak bisa ditemukan di karya lain. Saatnya kita berbangga nih temen-temen kalau Indonesia punya batik!

MENGENAL BATIK LEBIH DALAM

Kalian tahu tidak kalau batik itu sangat beragam lho! Bagaimana tidak, dari setiap daerah Indonesia memiliki ragam dari motif batik yang berbeda-beda satu sama lain. Dan uniknya nih, setiap goresan dan bentuk corak dalam batik memiliki filosofi dan makna tertentu nih temen-temen! Salah satunya adalah Motif Batik Sekar Jagad yang memiliki filosofi dan mengangkat nilai keberagaman.

Motif batik Sekar Jagad yang asalanya dari Solo dan Yogyakarta ini menggambarkan keindahan, keragaman di Indonesia maupun dunia. Selain itu juga memiliki makna lain seperti keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang memandangnya jadi terpesona. Wah, dalem banget ya filosofinya!

Aku pribadi sih sangat jatuh hati dengan motif batik asal Bali yang Bernama Ulamsari Mas. Corak, gambar, dan goresan dari motif batik ini terukir dengan begitu indah dengan warna yang beragam dan memadukan gambar udang dan ikan. Nah, untuk motif batik Ulamsari Mas sendiri menyimbokan sumber daya alam bawah laut Bali yang begitu kaya dan menjadi mata pencaharian utama masyarakat Bali, dari situlah makna kesejahteraan untuk motif ini berasal. Coraknya yang unik membuat aku terpikat dan warnanya yang mencolok juga sejalan dengan trend masa kini yang nyentrik ala-ala anak muda. Bisa dibilang, motif ini motif anak muda banget deh..

Dengan segala keunikan dan seistimewaannya, kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga karena batik adalah budaya yang mewakili Indonesia di mata dunia dan sudah menjadi national branding Indonesia.

JANGAN SAMPAI DUNIA LEBIH CINTA BATIK DARIPADA KITA, MASYARAKAT INDONESIA

Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengenakan batik karena “terpaksa” dikarenakan tuntutan di acara-acara formal yang mengharuskan pesertanya mengenakan batik, ya tak dapat kupungkiri termasuk diriku sendiri yang hanya mengenakan batik ketika sekolah mengharuskan.

Tak dapat dipungkiri, pandangan bahwa pakai batik itu formal banget dan tidak trendy membuat generasi muda Indonesia enggan melibatkan batik dalam kegiatan sehari-hari. Saya sebagai bagian dari generasi muda juga sempat merasakan hal yang sama dan memiliki pandangan yang sama terhadap batik. Umumnya, generasi muda yang suka mengenakan batik akan di cap memiliki selera tua dan tidak kekinian.

“ Orang asing aja bangga dan percaya diri pakai batik, masa kita warga Indonesia malu-malu sih pakai batik?”

Namun, jika kita melihat popularitas batik yang semakin mendunia dan banyak public figur kelas dunia yang sudah mengakui keindahan dan keistemawaan batik, aku pikir tidak ada alasan lagi bagi kita generasi muda untuk tidak berbangga terhadap batik serta tidak ada alasan lagi bagi generasi muda untuk tidak melibatkan batik dalam kegiatan keseharian.

“Ah batik jadul banget! Ogah deh pakai batik”

Jika batik dirasa oldfashioned, sebagai generasi muda penerus bangsa inilah saatnya kita berinovasi nih untuk memikirkan bagaimana agar batik mengikuti perkembangan jaman dan bisa dengan bangga dinikmati oleh semua kalangan, baik anak muda sampai orang tua.

Kabar baiknya, inisiasi inovasi terhadap produk lokal khas Indonesia, yaitu batik sudah dimulai lebih dulu oleh Michelle Tjokrosaputro. Michelle merupakan satu dari jutaan generasi muda yang menginovasikan batik di dunia fashion. Dengan motif-motif batik yang memberikan sentuhan modern pada kerajinan yang sering dianggap jadul ini, Michelle berhasil membuat kawula muda mendapatkan kepercayaan diri untuk mengenakan batik dalam keseharian dengan perasaan bangga. 

Seperti halnya michelle yang menunjukkan kecintaannya dan kebanggannya pada batik dengan menjunjung tinggi keunikan batik dengan ikut melestarikan kepopuleran batik di jaman modern ini, kita juga harus turut menunjukkan rasa cinta dan bangga kita terhadap produk lokal Indonesia, dalam hal ini adalah batik.

Tidak harus dengan lompatan yang besar seperti yang dilakukan Michelle, rasa cinta dan bangga terhadap produk lokal Indonesia bisa kita mulai dengan hal-hal kecil lho! Contohnya seperti mulai membiasakan diri menggunakan produk-produk lokal dan meminimalisir penggunaan produk asing. Dengan gerakan kecil seperti itu, saya yakin produk lokal Indonesia tidak akan kalah dengan produk-produk dari mancanegara.

Misalnya, penerapan rasa cinta dan bangga terhadap batik bisa dimulai dengan turut mendukung inovasi anak-anak muda berbakat seperti michelle dengan membeli produk mereka. Dalam keadaan pandemic seperti ini memang dirasa sulit untuk melakukan kegiatan beli-membeli, namun jangan khawatir! Karena kini semuanya serba online dan kita bisa dengan mudah membeli barang secara online di toko online seperti halnya Klik Indomaret.

APA ITU KLIK INDOMARET?

Buat kamu yang penasaran tentang klik-indomaret, lebih lengkapnya Klik Indomaret adalah toko online Indomaret atau tempat belanja online Indomaretyang menyediakan berbagai macam produk dalam satu situs untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Dengan tagline “Easy & Safe Online Shopping”, Klik Indomaret memastikan kemudahan dan keamanan pengguna dengan harga terbaik. Selain itu ada banyak kelebihan yang akan didapatkan pengguna jika menggunakan Klik-Indomaret, salah satunya adalah gratis biaya pengiriman dengan syarat ynag berlaku. Wah menarik banget ya!

Sumber gambar: tangkapan layar website Klik Indomaret

Mau cari baju batik?

Dengan mudah, kita bisa memilih dan menemukan berbagai macam produk lokal baju batik di Klik-Indomaret. Nah, tidak hanya batik, kita bisa menemukan banyak produk lokal lainnya yang tersedia di Klik-Indomaret, salah satunya adalah cemilan lokal yang bakal mengobati rasa rindu kamu sama kampung halaman, apalagi di masa pandemic seperti ini yang membuat kita kesulitan untuk melakukan aktivitas di luar, Klik-Indomaret bisa jadi solusinya deh!

Sekarang, dengan bantuan Klik_Indomaret, masayarakat Indonesia bisa turt mengekspresikan rasa cinta dan kebanggaannya terhadap produk lokal dengan membeli produk-produk tersebut dengan mudah dan aman di Klik-Indomaret tanpa perlu khawatir deh!

Tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mulai menggunakan produk lokal nih teman-teman..

Kalau bukan kita, siapa lagi?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Belanja Batik Hanya di Klik Indomaret

Leave a Reply