Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Artikel ini merupakan juara tiga dari Blog Competition “Cintai Produk Batik, Bangga Produk Lokal” oleh Klik Indomaret.

Penulis : Bella Fitri Ananda

Tak dapat dipungkiri salah satu kebanggan Indonesia adalah keragaman budaya yang tersebar dari sabang hingga merauke. Berbagai ciri khas masing-masing wilayah menghasilkan suatu produk budaya yang mempunyai nilai filosofis tinggi. Salah satu produk budaya yang mampu menembus hingga kancah internasional adalah batik. 

Tahukah kamu bahwa pada tanggal 2 Oktober 2009 batik telah diakui secara resmi oleh UNESCO. Batik telah ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau disebut Mahakarya Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Manusia. Atas pencapaian tinggi inilah yang akhirnya pemerintah Indonesia menetapkan setiap tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk budaya Indonesia serta menumbuhkan kesadaran akan upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. 

Sehelai kain polos dihias oleh goresan tangan pembatik dengan perpaduan warna warni alami hingga kain tersebut berubah tampak cantik dan elegan. Bukan hanya goresan semata, namun goresan simbol yang menghiasi batik memanifestasikan begitu kayanya keragaman budaya di Indonesia. Batik mengekspresikan nilai budaya dan filosofis yang tersimpan di dalamnya. Sehingga setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri pada pola dan simbol pada batik.

Keunikan motif kain batik yang memiliki ciri khas tersendiri membawanya hingga pasar internasional. Industri batik menjadi salah satu sektor yang menjadi prioritas pengembangan oleh Kementrian Perindustrian karena dinilai memiliki daya tarik tinggi yang akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini terbukti di masa pandemi Covid-19, ekspor batik memberikan sumbangsihnya terhadap devisa negara melalui capaian ekspor periode Januari-Juli 2020 sebesar USD 21,54 juta atau meningkat dibanding pada semester I-2019 senilai 17,99 juta. Terdapat tiga pasar utama ekspor batik Indonesia diantaranya yaitu Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Industri batik yang berkembang sangat pesat secara tidak langsung juga memperkaya motif batik Indonesia.

Macam-macam batik sangat bervariasi di setiap daerah. Hal ini mencerminkan kebudayaan, aktivitas, maupun ciri khas masyarakat tersebut. Contohnya seperti motif tumbuhan, hewan, maupun aktivitas masyarakat yang memiliki filosofi tersendiri. Untuk menumbuhkan wawasan dan kecintaan terhadap batik mari kita lihat berbagai macam batik dari beberapa daerah di Indonesia.

Sumber gambar: Freepik

Dalam pembuatan motif batik yang populer sejak dahulu hingga sekarang, setidaknya ada 5 macam teknik pembuatan batik yang paling dikenal. Kelima cara membuat batik ini akan menghasilkan karya seni berupa kain yang memiliki motif/corak tradisional dengan proses pembuatannya menggunakan lilin. Ada beberapa teknik dalam pembuatan batik diantaranya yaitu teknik tulis/canting, celup ikat, cap, dan colet. Namun seiring berkembangnya zaman yang semakin modern proses pembuatannya dengan teknik printing sehingga lebih efisien.

Biasanya batik digunakan sebagai pakaian untuk menghadiri acara formal, namun bisa juga digunakan sebagai outfit sehari-hari sehingga memiliki keunikan tersendiri. Seiring sifat kreatif dan inovatif nya masyarakat Indonesia, saat ini batik tidak hanya digunakan sebagai pakaian saja namun dapat kamu jadikan sebagai aksesoris yang tentunya bernilai tinggi. Mari kita intip aksesoris dari batik yang dapat menemani keseharianmu.

  • Tas, Saat ini tas bermotif batik sudah tak asing lagi. Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki ide membuat tas berbahan batik untuk diperjualbelikan ke khalayak umum. Tas ini biasanya digunakan sebagai oleh oleh khas daerah.
  • Masker, di saat pandemi seperti ini masker adalah hal wajib digunakan ketika berpergian atau berinteraksi dengan orang. Masker dari kain pun sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus corona. Tentunya kain batik bisa digunakan untuk membuat masker yang menemanimu beraktivitas selama pandemi.
  • Topi, Selain tas dan masker saat ini banyak yang memproduksi topi bermotif batik. Topi ini memiliki keunggulan karena mengandung nilai-nilai budaya Indonesia.
  • Sepatu, Sepatu bermotif batik juga bisa menjadi pilihan untuk menemani aktivitas keseharianmu. Sepatu ini memiliki keunikan tersendiri dibanding yang lain karena memiliki kearifan khas Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya bangga memiliki batik sebagai produk budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Di Indonesia pada umumnya batik digunakan sebagai seragam identitas suatu instansi. Misalnya di suatu instansi pemerintahan, sekolahan, kantor, dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, saat ini batik menjadi trend fashion tersendiri oleh pemakainya. Sesuai dengan tren saat ini, batik dapat dipadupadankan menjadi fashion yang elegan dan modern namun tetap menyimpan nilai-nilai luhur.

Menjaga warisan budaya adalah tugas kita sebagai generasi muda Indonesia. Siapa lagi kalau bukan kita? Lantas dengan cara apa kita bisa melestarikannya? Sebenarnya mudah bagi kita untuk melestarikannya, salah satunya dengan bangga menggunakan batik sebagai fashion yang menemani sehari-hari. Hal ini dilakukan agar nantinya anak cucu kita bisa menikmati begitu indahnya batik dengan nilai filosofis yang melekat. Ketika mengenakan batik terasa bangga dan terlihat menawan, lantas apa yang membuat ragu untuk mengenakan batik. Tepat hari ini tanggal 2 Oktober 2021, Selamat Hari Batik nasional.

Berbicara tentang batik, saat ini kamu bisa beli koleksi batik di klik indomaret loh. Banyak pilihan motif yang keren pastinya. Tahukah kamu? Klik Indomaret juga mengadakan Kompetisi Blog dengan tema batik yang menandakan ikut andil berkontribusi dalam melestarikan kebudayaan Nusantara. Untuk selengkapnya bisa cek di blog.klikindomaret.com

Sumber gambar: tangkapan layar website Klik Indomaret

Indomaret tak asing lagi di telinga kita, perusahaan retail ini berkembang pesat melayani konsumen selama lebih 27 tahun. Hingga saat ini lebih dari 15.200 gerai tersebar di berbagai wilayah Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain gerai yang kita temui, Indomaret juga menyediakan tempat belanja online yang disebut Klik Indomaret. Ini merupakan inovasi dari Indomaret yang menyediakan berbagai produk kebutuhan konsumen melalui suatu situs online.

Berbeda dengan gerai Indomaret, KlikIndomaret.com menyediakan ribuan pilihan produk yang lebih lengkap. KlikIndomaret.com menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, kebutuhan bayi & ibu menyusui, produk fashion, kebutuhan pakaian, produk kecantikan & kesehatan, produk  gadget & peralatan elektronik, produk pesona nusantara seperti kain batik, tas tenun, souvenir nusantara, dll, serta beragam perlengkapan rumah tangga lainnya.

Selain produk fisik, KlikIndomaret.com juga menghadirkan layanan virtual seperti pulsa, paket data, voucher game online. KlikIndomaret.com juga menghadirkan layanan penjualan tiket kereta api, hotel, tiket pertunjukan atau konser, voucher makan dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pembayaran tagihan kebutuhan rumah tangga, KlikIndomaret.com juga menyediakan layanan payment point untuk membayar PDAM, PLN, BPJS, dan lain-lain.

Referensi :

https://www.klikindomaret.com/

https://www.kemenperin.go.id/artikel/22039/Dilanda-Pandemi,-Ekspor-Batik-Indonesia-Mampu-Tembus-USD-21,5-Juta

Belanja Batik di Klik Indomaret Lengkap dan Murah

Leave a Reply