Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Saat mencari perangkat smartphone terbaik android dan iphone selalu menjadi pilihan pertama yang muncul dipikiran sobat pastinya. Karena tidak dapat dipungkiri kedua device ini memiliki kepopuleran yang jauh lebih besar dibandingkan para kompetitornya.

Karena hal tersebut konsumen selalu mencoba membandingkan kelemahan dan keunggulan antara keduanya. Salah satu hal yang paling sering menjadi perbincangan adalah kapasitas RAM.

Karena Iphone mampu bekerja lebih cepat dengan RAM yang lebih kecil, jika dibandingkan dengan android dengan spesifikasi yang sama.

Nah, pertanyaannya kenapa iPhone membutuhkan RAM lebih sedikit daripada perangkat Android? Mengapa perangkat Android membutuhkan lebih banyak RAM?

1. Mengenal Pengertian RAM?

Sumber: freepik

Sebelum masuk pada pembicaraan mengenai topik ini lebih baik kita mengenal terlebih dahulu pengertian RAM sobat. RAM (Random Access Memory) adalah jenis teknologi yang mengakses file yang tersimpan di komputer atau smartphone kamu.

Secara singkat RAM memiliki fungsi untuk membaca program dari aplikasi saat dibutuhkan. Semakin banyak RAM yang dimiliki oleh smartphone kemampuan membacanya akan semakin banyak pula.

2. Alasan Android Memerlukan Ram Besar?

Sumber: Techcrucnh

Karena pada awal kemunculannya android dibuat dengan tujuan menjadi open source sehingga dapat mendukung berbagai prosesor, produsen hardware hingga developer pembuat aplikasi

Karena hal ini aplikasi Android selalu berjalan di platform Java. Ini disebabkan kemampuan mesin virtual java dalam menerjemahkan kode pemrograman. Sebagai contoh jika sobat menulis satu kode bahasa java.

Mesin virtualnya akan “menerjemahkan” kode tersebut saat runtime untuk bekerja pada sistem apa pun yang ada di dalamnya tanpa perlu menulis ulang kode program tersebut.

Namun hal ini membutuhkan dukungan banyak RAM agar programnya dapat berjalan dengan lancar. Karena Java harus menjalankan dua kode sekaligus kode java dan kode sistem aplikasi itu sendiri.

3. Rahasia Dibalik Efisiensi RAM Iphone?

Sumber: creative blog

Sedangkan IOS memiliki mindset pengembangan yang jauh berbeda dengan Android. Apple memiliki aturan ketat dalam pengembangan IOS. Iphone memegang kendali penuh dari awal hingga akhir pembuatan IOS.

Sebagai contoh jika sobat ingin membuat aplikasi iOS, maka kamu harus menggunakan alat-alat dari Apple dan mengikuti prosedur dari Apple. Hal ini menyebabkan Apple dapat memperkirakan secara akurat spesifikasi yang dibutuhkan tiap perangkatnya agar mampu bekerja dengan maksimal.

Karena hal ini iOS tidak memerlukan mesin virtual dengan terjemahan seperti Android. Semua kode pemrograman dijalankan dengan kode asli dan langsung dijalankan pada hardware. Kesimpulannya, walaupun Iphone memiliki RAM yang lebih kecil tidak mengakibatkan turunnya performa.

Leave a Reply