Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Kamu tipikal orang yang setiap saat berselancar di media sosial? Pasti sering merasakan yang namanya kuota internet yang seketika habis tanpa sebab yang tidak kamu ketahui.

Hal itu tentunya membuat kamu bertanya-tanya penyebab borosnya pemakaian kuota pada ponsel pintar milikmu. Kuota yang habis tentunya, mengesalkan bagi kebanyakan orang apalagi dalam keadaan dibutuhkan.

Nah, untuk itu yuk simak lima tips menghemat kuota internet yang bisa kamu terapkan berikut ini.

Matikan kuota internet pada aplikasi yang tidak terpakai

Sumber gambar: Freepik

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota, adalah mematikan kuota internet pada aplikasi yang terpakai. Cara ini dinilai ampuh, untuk mengurangi konsumsi kuota internet kamu.

Temukan aplikasi yang memakai banyak kuota

Sumber gambar: Freepik

Sebagai pengguna smartphone yang bijak, ada baiknya kamu memperhatikan aplikasi mana yang memakan banyak kuota internet kamu. Hal ini, untuk mengantisipasi penggunaan kuota berlebih yang bisa menjadi penyebab boros kuota internet setiap bulannya.

Baca juga: Hal yang Buat Kamu Berpikir Kembali Sebelum Membeli Gadget Tiruan

Hentikan pembaruan otomatis pada smartphone

Sumber gambar: Freepik

Ada kalanya ponsel kamu, meminta pembaruan perangkat atau aplikasi. Hal ini, bisa saja menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan kuota internet pada ponsel milikmu.

Ganti pengaturan fitur pembaruan menjadi manual sehingga, kamu bisa melakukan pembaruan sesuai waktu yang kamu inginkan. Bisa juga diganti menjadi “Perbarui dengan jaringan wifi” sehingga pembaruan akan diproses hanya ketika ponsel kamu terhubung dengan jaringan wifi.

Batasi penggunaan kuota internet

Sumber gambar: Freepik

Pada beberapa ponsel terdapat fitur bawaan yang dapat membatasi penggunaan kuota internet pada ponselmu. Kamu bisa, membatasi kuota intenet yang ingin kamu gunakan dan mengaktifkan fitur peringatan jika kuota hampir melebihi batas penggunaannya.

Untuk kamu yang tidak memiliki fitur ini, bisa mengunduh aplikasi serupa untuk membatasi penggunaan data di ponsel kalian. Untuk android tersedia di play store sedangkan untuk ios tersedia di app store, jangan lupa perhatikan ulasan dan rating terkait aplikasi yang akan kamu unduh.

Kurangi membuka aplikasi streaming video

Sumber gambar: Freepik

Untuk mengatasi rasa bosan di waktu luang atau mengatasi jenuh ketika sedang menunggu sesuatu. Seringkali, kebanyakan orang memilih untuk menonton film atau video. Jika kedua hal tersebut, ditonton secara offline tidak masalah. Namun, apa jadinya jika kalau ditonton secara streming?

Hal ini perlu kamu hindari, karena berakibat borosnya pemakaian kuota internet yang kamu miliki. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengunduh terlebih dahulu film atau video yang kamu suka dengan jaringan wifi kemudian disimpan.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah, memanfaatkan jaringan wifi untuk streaming film ataupun video.

Itu dia, beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi keborosan dalam pemakaian kuota internet. Selain tips di atas, masih banyak tips lain yang bisa kamu cari untuk menyiasati penggunaan kuota internet ini sobat.

Selamat mencoba dan semoga tipsnya membantu ya!


Leave a Reply