Category

Best Deals

Breakfast

$ 29.00

Espresso

$ 25.00

Beff Spaghetti

$ 27.00

By No Comments

 

Indonesia adalah negeri yang kaya akan keanekaragaman budayanya, hal ini terbukti dari banyaknya budaya dan kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara.

Beberapa faktor yang bisa saja mempengaruhi popularitas kuliner Indonesia adalah proses pembuatan yang unik atau cita rasa yang jarang ditemui dan kelezatan yang dapat diterima lidah.

Nah, kita sebagai warga Indonesia tentu patut berbangga karena 5 makanan khas Nusantara ini sudah dikenal oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Penasaran kan apa saja? Langsung simak di bawah ini ya

Rendang

Sumber gambar: Freepik

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Minangkabau, Sumatera Barat ini sempat beberapa kali masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Olahan yang berasal dari daging sapi dan campuran rempah-rempah ini terkenal akan cita rasanya yang lezat dan proses pembuatannya yang memakan waktu. Dari proses tersebut, terciptalah rendang yang empuk dan dapat diterima oleh semua lidah.

Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi The World’s 50 Best Foods versi CNN Travel dan pada tahun ini menempati posisi ke-11. Sebelumnya, rendang pernah menempati posisi pertama makanan terenak di dunia versi CNN Travel juga pada 2017 silam.

Soto ayam

Sumber gambar: Freepik

Hujan-hujan memang paling lezat makan makanan yang berkuah seperti soto. Tapi, tahukah kamu? Kalau soto juga termasuk dalam kuliner Indonesia yang mendunia dan banyak dikenal.

Kuah yang gurih dan hangat, dipadukan dengan berbagai bumbu serta rempah-rempah yang menjadikan citarasa soto ayam semakin lezat.

Di Indonesia sendiri tidak hanya memiliki soto ayam saja, di berbagai daerah memiliki jenis soto yang berbeda-beda. Contohnya seperti soto betawi, soto Kudus, soto Medan, soto Lamongan, coto Makassar dan masih banyak lainnya sobat.

Baca juga: 4 Varian Es Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Nasi goreng

Sumber gambar: Freepik

Kuliner yang satu ini seringkali dikonsumsi masyarakat kita, untuk sarapan di pagi hari karena cara membuatnya yang praktis dan cita rasanya yang bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Nah, makanan yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh warga dunia. Termasuk, bagi turis yang datang ke Indonesia, mereka menyukai cita rasa nasi goreng yang sederhana dan cocok di lidah.

Selain itu, banyak juga restoran Indonesia di luar negeri yang menjadikan nasi goreng sebagai salah satu menu andalan mereka.

Bakso

Sumber gambar: Freepik

Sama halnya dengan soto, kuliner berkuah yang satu ini juga mantap untuk disantap saat cuaca sedang mendung atau hujan. Ternyata kuliner yang biasa dijual keliling ini, masuk ke salah satu daftar kuliner khas Indonesia yang mendunia sobat.

Banyak warga dunia yang menyukai cita rasa bakso yang gurih dengan kuah yang hangat. Selain itu, olahan daging sapi yang lembut sangat pas ketika dipadukan dengan mie yang melengkapi bakso.

Sate

Sumber gambar: Freepik

Kuliner Indonesia yang khas dengan aroma bakarannya ini, juga banyak di kenal oleh warga dunia. Hal ini, terbukti dari sate yang seringkali dijadikan menu andalan di restoran Indonesia yang berada di berbagai negara.

Sate sendiri, terbuat dari potongan daging ayam atau sapi yang ditusuk pada tusukan bambu. Kemudian di bakar dan diberi bumbu kecap, lalu disajikan dengan saus kacang dan juga lontong.

Di Indonesia, varian sate memiliki beragam jenis mulai dari sate Madura, sate klathak, sate lilit, sate Padang, sate maranggi dan berbagai jenis varian lainnya.

Nah, itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang sudah mendunia sobat.

Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita berbangga dan tetap melestarikan kuliner khas Indonesia agar lebih dikenal lagi.

Bukan hanya beberapa kuliner di daftar tadi saja, masih banyak kuliner khas Indonesia yang sudah di kenal dan bahkan dinobatkan sebagai makanaan terenak di dunia.

Dari daftar makanan tadi yang mana favoritmu sobat?


Sumber informasi: CNN travel

Leave a Reply